Rabu, 26 Des 2018 16:25 WIB

Kaleidoskop 2018

Mobil Baru yang Meluncur 2018

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: GIIAS Foto: GIIAS
Jakarta - Tahun 2018 akan berakhir. Sedikit flashback ke belakang, sudah banyak mobil-mobil baru yang meluncur di selama 12 bulan di tahun 2018 ini.

Mulai dari mobil harga terjangkau sampai dengan mobil super terbaru mewarnai pasar otomotif Indonesia di tahun 2018 ini. Apa saja mobil-mobil terbaru yang meluncur 2018?

1. Januari

Membuka 2018, sebenarnya tidak terlalu banyak mobil yang meluncur di Januari. Hanya, Toyota-Daihatsu merilis harga resmi si kembar Rush dan Terios.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Toyota Astra Motor


Kedua SUV compact itu sebenarnya sudah diperkenalkan pada akhir 2017. Namun, Toyota-Daihatsu baru mengumumkan harga resminya per Januari 2018.

Tak cuma itu, pada 18 Januari Datsun meluncurkan model SUV-nya pertama kali di dunia di Jakarta. Ialah Datsun Cross yang meluncur Januari 2018.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ristu Hanafi


Datsun CROSS, mobil crossover dengan transmisi CVT itu diperkenalkan oleh Eiichi Koito, President Director of PT Nissan Motor Indonesia. Ini merupakan mobil ketiga Datsun di Indonesia setelah sebelumnya Datsun sudah memiliki GO Panca dan GO+ Panca.

Dan Datsun CROSS juga yang merupakan mobil dengan transmisi otomatis pertama dari Datsun.

2. Februari

Lanjut ke Februari, Wuling akhirnya meluncurkan mobil MPV lagi setelah ada Confero. Mobil itu adalah Cortez yang bermain di segmen MPV menengah. Wuling meluncurkan Cortez bermesin 1.800 cc saat itu.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Dok. Wuling


"Kita adalah pilihan terbaru di kelas MPV, sesuatu yang baru pilihan baru dan kita mau memberikan pilihan baru ke masyarakat Indonesia dari fitur kabin luas yang beda dibanding merek lain," ungkap Vice President Vehicle Sales Service and Marketing Wuling Motors Indonesia, Cindy Cai di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Bukan cuma fitur nih Otolovers yang menjadi amunisi Wuling untuk bisa bersaing dengan MPV merek lain. Harga juga menjadi modal Cortez bersaing di Indonesia.

Kemudian pada 12 Februari, Lexus meluncurkan mobil mewah LS 500. Setelah meluncurkannya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Lexus mendatangkan model sedan premiumnya LS 500 untuk konsumen Indonesia.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Rengga Sancaya


Dengan konsep ultimate experience of visionary anticipation, LS 500 hadir memberikan pengalaman kemewahan tertinggi dalam berkendara yang mampu mengekspresikan pengalaman terbaik bagi pengendaranya melalui tiga elemen kunci yaitu Eksklusif, Emosional, dan Inovasi.

Sisi eksklusif sedan Lexus LS 500 merujuk pada performa mobil kelas dunia dalam hal keamanan dan ramah lingkungan. Lexus Indonesia akan menghadirkan dua tipe LS, yaitu LS 500 dan LS 500h (hybrid) yang keduanya merupakan tipe teratas.

Sedan mewah ini juga dilengkapi kehadirannya dengan 20 inch resonator wheels terbaru dan legroom terluas di kelasnya. Juga dilengkapi oleh Motorized Rear Seat Entertainment System, 24 buah speaker Mark Levinson dengan 3D showering effect, Rear Seat Control Monitor, dan Quilted Seat with Semi Aniline Upholstery merupakan yang pertama disajikan dalam jajaran kendaraan produksi Lexus. Sementara itu, fitur Smart Air Suspension, 24.4 inci multi-colored Head Up Display, dan All Seats Massage with Heat Function merupakan penampilan yang pertama di dunia.

Kemudian, 20 Februari Toyota meluncurkan Yaris model baru. Dengan warna mencolok, mobil dibekali fitur yang wow untuk ukuran mobil hatchback.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Toyota Astra Motor


Untuk mesin mobil diperkuat dengan mesin In-line 4 Cyl dengan 16 Valve DOHC berteknologi Dual VVT-i. Transmisinya untuk otomatis memiliki 7 speed, sedangkan manual 5 speed.

Walaupun mungil, mobil hatchback ini memiliki fitur keselamatan yang mumpuni bagi para pengendara dan penumpangnya.

New Toyota Yaris dilengkapi dengan 7 SRS airbags yang terdiri dari 2 airbag samping, 2 airbag di jendela, dan di lutut pengemudi. Hmm kira-kira berapa harganya ya? Katanya sih cuma naik Rp 3 jutaan.

Di hari yang sama, Mazda meramaikan pasar otomotif Indonesia dengan kehadiran Mazda CX-5 Touring dan Mazda3 Speed. Saat peluncurannya, diumumkan bahwa mobil dijual di harga Rp 400 jutaan.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ruly Kurniawan


Mazda3 Speed merupakan pembaharuan dari Mazda3 yang dirancang agar lebih sporty. Tambahan aksesorisnya antara lain front under skirt, rear under skirt, side under skirt, signature illumination, black door mirror caps, pelek 18 inci, black roof spoiler, black shark fin antena, alumunium sport pedal, LED scuff plate, dan LED interior light. Tidak ada perubahan dibalik kabin mesinnya.

Sedangkan untuk SUV barunya, Mazda CX-5 Touring, disebut sebagai varian termurah dari CX-5. Namun, ada beberapa fitur yang ditiadakan seperti bagasi elektrik dan hanya menggubakan speaker standar.

3. Maret

Membuka bulan Maret 2018, Honda meluncurkan versi penyegaran dari Odyssey pada 1 Maret 2018. Mobil mengalami sedikit perubahan di bagian eksterior dan interior.

Desain eksterior mobil menjadi lebih stylsih dengan penyegaran pada bemper depan dan belakang, sementara di dalam kabin menjadi semakin nyaman melalui berbagai fiturnya.

Melalui siaran pers, Toyota juga mengumumkan telah memberi penyegaran terhadap MPV mewahnya, Alphard dan Vellfire. New Alphard didesain sebagai kendaraan luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan New Vellfire menampilkan nuansa cool, modern, dan hightech. Melalui penyempurnaan desain, baik eksterior, interior New Alphard kini tampil semakin mewah dan menawan, sementara New Vellfire kian menampilkan gaya khasnya yang lebih berani.

Desainer Toyota telah melakukan sejumlah perubahan untuk lebih menyempurnakan penampilan, kenyamanan, dan fitur keselamatan pada Alphard dan Vellfire. Dengan disain baru, tampilannya kini terlihat semakin mewah. Perubahan pada headlamp, hood moulding, bumper, grille serta foglamp bezel menjadikan New Alphard dan New Vellfire kian menarik perhatian.

Tampilan belakang, desain baru pada rear lamp dan door garnish semakin menonjolkan mobil ini sebagai kendaraan kelas atas. Dilengkapi desain baru pada alloy wheel dengan ukuran 18" menjadikan New Alphard dan New Vellfire kendaraan yang merepresentasikan penggunanya dari kelas atas.

Bagian kabin juga mengalami perubahan yang menarik. Tampilan odometer semakin memancarkan warna kemewahan dan advance, serta kursi yang dilapis kuat dengan captain seat. Untuk memberikan kenyamanan lebih, sandaran kursi kini menjadi fitur yang mampu menunjang tulang punggung (lumbar support) yang semakin baik.

Pada 10 Maret, akhirnya MPV andalan Nissan, Grand Livina mendapatkan penyegaran. Mobil yang dinamakan Grand Livina Special Version ini mulai dikirim ke konsumen pada akhir Maret 2018.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ruly Kurniawan


Varian ini masih tetap mengusung DNA Grand Livina yang menyajikan kenyamanan, kehandalan, dan hemat bahan bakar. Ubahannya, membuat Livina makin dapat diandalkan oleh keluarga Indonesia akan mobil yang stylish dan dinamis.

Dalam hal dapur pacu, Grand Livina Special Version masih menggunakan mesin lamanya yakni HR15DE & Intelligent XTRONIC CVT 1.498cc. Dengan perpaduan tersebut, mobil mampu merilis kekuatan maksimal hingga 109 PS di 5.600 rpm dan torsi 14.6 kh.m pada 4.000 rpm.

Selanjutnya, Lexus kembali menghadirkan mobil baru. Lexus merilis SUV RX 350 L, sebuah SUV dengan 3 baris kursi. Orang kaya bisa leha-leha sekeluarga dengan mobil ini.

Dengan penambahan kursi di baris ketiga itu, otomatis mobil SUV mewah asal Jepang ini punya ukuran yang lebih bongsor. Bukan hanya itu, RX 350L ini juga hadir dengan bagasi yang lebih lebar.

Menutup akhir Maret 2018, Peugeot membuktikan diri masih eksis di Indonesia. Setelah sekitar lima tahun tidak meluncurkan produk baru, PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation, selaku agen tunggal pemegang merek Peugeot di Indonesia meluncurkan Peugeot 3008 anyar.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ari Saputra


SUV 5 penumpang yang menyandang penghargaan European Car of The Year 2017 versi wartawan ini diharapkan mampu bersaing di pasar roda empat Indonesia, khususnya di segmen SUV.

Peugeot 3008 anyar akan dipasarkan di Indonesia dengan banderol Rp 697 juta off the road Jakarta. Mobil ini hadir dengan 5 pilihan warna yakni metallic cooper, bianca white, ultimate red, nera black, dan nimbus grey.

4. April dan Serbuan Mobil Baru di IIMS

Masuk bulan keempat tahun 2018, Toyota kembali meluncurkan mobil baru. Tapi tak sepenuhnya baru, melainkan hanya melakukan penyegaran pada model sedan Vios.

Ubahan tersebut antara lain desain yang dibuat dengan mengusung konsep Advance dan Emotional. Grille depan dibuat lebih elegan dengan garis horizontal dengan ukuran yang semakin besar ke bagian atasnya. Desain lampu tampak lebih tajam dan juga sporty.

Tak cuma Vios, beberapa hari berikutnya Toyota meluncurkan crossover anyar, Toyota C-HR. Toyota C-HR yang dijual di Indonesia adalah C-HR dengan mesin 1.8 liter.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ruly Kurniawan


Toyota C-HR, berdasarkan spesifikasi yang tertera di laman resmi Toyota, menggunakan mesin 2ZR-FBE. Mesin itu berkonfigurasi empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VVT-i (intake).

Mesin C-HR berkapasitas 1.798 cc. Tenaga maksimal dari mesin itu mencapai 139 daya kuda pada 6.400 rpm dengan torsi maksimal 170 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan.

Selanjutnya ada SUV baru dari BMW, X3. BMW X3 terbaru resmi hadir di Indonesia. Mobil ini disebut punya kemampuan untuk melibas segala medan baik off-road maupun on-road dengan teknologi yang ditawarkannya. Generasi ketiga BMW X3 hadir dengan desain lebih tegas, kenyamanan dan mesin efisiensi tinggi. Mobil ini diproduksi di BMW Production Network 2 bersama mitra strategis BMW Indonesia, PT. Gaya Motor di Sunter.

Pada 19 April 2018, mobil-mobil baru meluncur di lantai Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Di antaranya adalah Suzuki Ertiga generasi terbaru, konsep Honda Small RS yang menjadi cikal bakal Brio terbaru, Hyundai Santa Fe dan Tucson, Honda BR-V dan Mobilio, Lamborghini Spyder Avantedor, Wuling Cortez 1.5, DFSK Glory 580, VW Polo VRS, Mercedes EQ.

Kemudian pada 23 April, Isuzu menambah varian mobil pikap dengan Isuzu Traga. Berkat dapur pacunya, mobil sayur ini memiiki tenaga maksimum hingga 80 PS di 3,500 rpm dan torsi puncak 19,5 Kgm pada 1,800 rpm. Berat totalnya, sampai 2,950 kg. Untuk dimensinya, Traga diklaim punya muatan yang sangat lega. Panjang bak bagian dalamnya 2,810 mm dan lebar 1,620 mm dengan tinggi 300. Maka, panjang totalnya adalah 4,520, lebar 1,705, dan tinggi 1,980. Memiliki wheelbase 2,250, radius putar mobil adalah 4,5 m.

5. Mei

Di bulan Mei 2018, Datsun kembali menambah varian mobil matiknya. Setelah meluncurkan Datsun Cross pada awal tahun lalu, kali ini produsen asal Jepang itu menghadirkan generasi terbaru Datsun GO dan Datsun GO+ terbaru.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Ari Saputra


Untuk Datsun GO dihadirkan dengan transmisi matik yang disebut teknologi X-Tronic CVT. Namun untuk Datsun Go+ masih dengan transmisi manual.

6. Juli

Bulain Juni ketika banyak hari libur Lebaran, tidak ada mobil baru yang diluncurkan. Sebulan kemudian pada Juli 2018 baru mobil-mobil diluncurkan. Mulai dari Bentley Bentayga V8. Akhirnya SUV Bentley mendarat di Indonesia pada 7 Juli 2018.

Di bulan ini juga DFSK Glory 580 resmi dijual dan diumumkan harganya. Mobil China DFSK Glory 580 resmi dijual mulai Rp 245 jutaan hingga Rp 308 jutaan.

Kemudian pada 24 Juli 2018, BMW Indonesia resmi meluncurkan dua kendaraan, BMW Seri 6 Gran Turismo yang baru pertama untuk Indonesia, dan All-new BMW Seri 5 Touring. BMW Seri 6 Gran Turismo ditawarkan dengan harga Rp 1.569.000.000 off the road. Sedangkan All-new BMW Seri 5 Touring ditawarkan dengan harga Rp 1.429.000.000 off the road.

BMW Seri 6 Gran Turismo. BMW Seri 6 Gran Turismo. Foto: Ari Saputra


Sehari kemudian, importir mobil-mobil mewah Prestige Image Motorcars memboyong mobil mewah ke Indonesia. Prestige meluncurkan Lamborghini Huracan Spyder untuk pasar Indonesia. Prestige juga mendatangkan Lamborghini Huracan Avio yang hanya ada 250 unit di dunia.

7. Agustus

Agustus bisa dibilang masa-masanya mobil baru meluncur. Soalnya, di bulan ini digelar pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Di ajang ini, banyak mobil baru. Mereka adalah Honda Brio. Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Brio generasi kedua di ajang GIIAS 2018. Kini, desain Brio jauh lebih segar dengan pembaruan eksterior. Brio saat ini tampil lebih sporty. Dimensinya juga lebih besar serta terdapat penambahan fitur lain yang dirancang khusus untuk konsumen Indonesia.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: PT Honda Prospect Motor


Mitsubishi juga menghadirkan varian baru Xpander. Untuk memperkaya opsi varian yang sesuai kebutuhan konsumen, ada dua varian anyar untuk Xpander, yaitu Xpander Sport M/T dan Xpander GLS A/T. Tipe baru Xpander itu dibanderol Rp 237,2 juta untuk Sport M/T dan Rp 228,6 juta untuk GLS A/T.

Nissan tak ketinggalan meluncurkan mobil baru. Di lantai GIIAS 2018, Nissan menghadirkan pesaing Pajero Sport dan Fortuner, yaitu Nissan Terra. SUV Terra diklaim Nissan ideal untuk kawasan Asia Tenggara terlebih di Indonesia karena memiliki ground clearance 225 milimeter, untuk mengurangi resiko kerusakan dari jalanan berbatu atau tidak rata, maupun ketika berkendara saat banjir. Terra masih mengusung mesin yang sama dengan Navara yakni YD25. Sehingga soal tenaga dan torsinya tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan. Terra bisa menghasilkan tenaga setara 190 daya kuda dengan torsi 450 Nm.

Selain ketiga mobil baru tersebut, di lantai GIIAS juga dihadirkan Lexus ES terbaru, Lexus UX, Hyundai Santa Fe, Honda HR-V facelift, Audi A8 L, Audi RS5 Coupe, Datsun GO Live, MINI 3 Door, MINI 5 Door, dan MINI John Cooper Works 3 Door terbaru, serta Daihatsu Terios Custom.

8. September

BMW Group Indonesia mulai merakit New MINI Countryman secara lokal di BMW Group Production Network 2 oleh PT Gaya Motor. Artinya MINI made in Indonesia resmi lahir di tanah air. New MINI Countryman yang dirakit di Indonesia hadir dalam dua varian, New MINI Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports. Sebagai catatan New MINI Countryman merupakan kendaraan segmen kompak premium satu-satunya yang dirakit secara lokal di Indonesia saat ini.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Rizki Pratama


Pada 21 September, produsen mobil sport Inggris, Aston Martin mendaratkan generasi penerus dari model Vantage di jalanan Jakarta. Aston Martin New Vantage dibekali mesin twin turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 530 hp dengan torsi maksimal sebesar 685 Nm. Dipadu dengan tiga mode berkendara, yakni Sport, Sport Plus, dan Track. Mobil ini dibanderol Rp 5 milaran.

Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars kembali memboyong mobil mewah untuk dipasarkan di Indonesia. IU yang bermarkas di Pluit, Jakarta Utara ini memperkenalkan mobil dari pabrikan kuda jingrak generasi penerus Ferrari California, yakni Ferrari Portofino di Finn VIP Club, Kuta, Bali.

9. Oktober

Pada 5 Oktober 2018, Mercedes-Benz menyerbu pasar otomotif Indonesia dengan tiga mobil baru. Ketiga mobil itu adalah Mercedes-Benz A-Class, CLS dan V 260.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Rengga Sancaya


Ketiga model terbaru tersebut - A-Class yang kompak, CLS coupé dengan empat pintu serta V 260 large-size MPV dipamerkan bersama 11 kendaraan Mercedes-Benz lain di Star Arena.

10. November

BMW menambah varian M2 di Indonesia. BMW Indonesia kembali mendaratkan mobil sedan sport bertenaga paling agresif dari model BMW M. Bertempat di Eurokars Gallery, Plaza Indonesia lantai 1, All New BMW M2 Competition secara resmi mendarat di Indonesia, Sabtu (24/11/2018).

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Agung Pambudhy


All New BMW M2 Competition lahir dengan fitur-fitur anyar yang diklaim kompetitif di lintasan balap namun tetap asyik dipakai pengguna harian. Mobil ini makin asyik buat ngedrift. Apalagi tersedia transmisi manual.

Selanjutnya pada 26 November, Prestige Image Motorcars belum berhenti meluncurkan mobil mewah. Giliran Mercedes-Benz G63 AMG yang diboyong Prestige ke Indonesia. Mobil SUV mewah seharga sekitar Rp 7 miliar, Mercedes-AMG G 63 datang ke Indonesia.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Rizki Pratama


Untuk Edition 1 yang berarti masuk dalam dapur produksi G-Class pertama tahun 2018, Prestige hanya mendapatkan jatah dua unit dan sudah laku.

11. Desember

Menutup 2018, Lamborghini meluncurkan SUV pertamanya, Urus untuk Indonesia. SUV banteng Italia ini resmi mendarat di markas baru, Pacific Place, Ground Flr, G73 - G74, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018). Bicara soal spesifikasi, Lamborghini Urus dipersenjatai mesin 4.0 liter twin-turbo V8, dipadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan otomatis. Mampu menyemburkan tenaga 650 hp.

Banteng anyar dari Italia ini berjantung khas Lamborghini ini diklaim menjadi mobil tangguh namun tercepat di kelasnya. Di atas kertas sanggup berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 3,6 detik dengan kecepatan maksimum 305 km per jam.

Mobil Baru yang Meluncur 2018Foto: Rifkianto Nugroho


Seperti biasa, Lamborghini memberikan nama banteng untuk setiap mobilnya. Urus adalah nama sebuah banteng Spanyol yang sudah dikembangbiakkan selama 500 tahun.

Lamborghini di Eropa mulai menjual mobil seharga 171.429 euro atau Rp 2,7 miliar. Di kawasan Asia seperti Jepang mobil dijual seharga Rp 3 miliar. Untuk di Indonesia sendiri diperkirakan harga jualnya Rp 8,5 miliar (off the road). (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com