Rabu, 26 Des 2018 15:56 WIB

Kaleidoskop 2018

Isu Mobil Esemka Muncul Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Kabar soal mobil Esemka masih menjadi perbincangan terhangat di dunia otomotif sepanjang tahun 2018. Padahal wujudnya hingga saat ini belum ada. Pihak Esemka pun belum membuka suara hingga saat ini.

Berita soal Esemka sudah mulai bergema sejak Januari 2018. Kala itu, sebuah mobil SUV bertuliskan 'Esemka Garuda 1' tertangkap kamera seorang warganet. SUV Esemka berwarna putih diangkut menggunakan truk towing dan melintas di sebuah jalan.


Memang sebelumnya pada Desember 2017, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono angkat bicara terkait produksi mobil nasional (mobnas). Dia mengaku memang diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi dan mengembangkan mobnas. Hendropriyono mengatakan rencananya Esemka akan dirilis pertengahan tahun 2018.

Tersebarnya foto tersebut seolah menjadi sinyal-sinyal Esemka bakal segera merilis mobilnya di Tanah Air. Namun nyatanya yang ditunggu masih belum juga datang.


Kemudian pada Oktober 2018, Cawapres Ma'ruf Amin juga membocorkan Esemka bakal dirilis dalam waktu dekat. Hal tersebut pun didukung oleh pernyataan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika.

Putu menyebut bulan Oktober Esemka mulai memproduksi mobil-mobilnya di Indonesia. Tapi ditegaskan bahwa Esemka bukan wewenang pemerintah, melainkan sudah ke ranah industri.

"Kabar terakhir Esemka itu kan sudah mulai produksi. Jadi secara administrasi sudah, dan modelnya juga sudah di level produksi. Sertifikat Uji Tipe (SUT) pun sudah selesai," ucap Putu saat itu.

Esemka pun disebut-sebut telah menjalani serangkaian ujian hingga bisa masuk ke dapur produksi.

Kabar soal Esemka juga didapat dari anak Hendropriyono, Diaz. Diaz yang duduk di jabatan staf khusus presiden mengatakan untuk mobil pertama Esemka akan merilis SUV. Diaz pun sedikit memberi bocoran soal harga Esemka.

"Saya memang tidak langsung menangani tapi yang saya dengar pabriknya sudah disiapkan, assembling line sudah disiapkan, malahan kalau nggak salah mau ada launching Esemka dalam waktu dekat," kata Diaz.


"Harusnya lebih murah saya rasa sekitaran Rp 200 jutaan mungkin, tapi kemungkinan. Saya kan bukan penjualannya tapi seharusnya pasarannya memang segitu, jangan mahal-mahal lah," tutur Diaz.

Rumor kemunculan Esemka semakin kuat saat detikOto berkunjung ke pabrik milik PT SMK di Solo. Namun yang berjajar di sana bukanlah mobil SUV melainkan pick-up.
Munculnya foto-foto Esemka juga menjadi pro dan kontra karena mobil menyerupai mobil China sehingga diragukan mobil sepenuhnya diproduksi di Tanah Air. Sampai saat ini, kehadiran Esemka masih dinantikan. Kabarnya calon mobil bermerek nasional ini, akan dirilis tahun depan. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed