Jumat, 21 Des 2018 08:30 WIB

Jimny Baru Jadi Berkah Buat Suzuki

Dina Rayanti - detikOto
Suzuki Jimny di Eropa. Foto: Pool (Autoevolution) Suzuki Jimny di Eropa. Foto: Pool (Autoevolution)
London - Mengubah wajah Jimny menjadi lebih gagah bahkan tampak mirip Mercedes-Benz G-Class jadi berkah tersendiri buat Suzuki. Sejak pertama kali peluncurannya, Jimny terus kebanjiran pesanan hingga saat ini.

Melansir Autocar, Jumat (21/12/2018) di Inggris misalnya banyak diler yang kewalahan. Inggris yang mendapat jatah 1.200 unit untuk tahun 2019, permintaan akan Jimny sudah melampaui angka tersebut.


Hal itu sengaja dilakukan untuk mencegah penumpukan pesanan. Jimny yang dijual di luaran masih didatangkan dari Jepang. Di rumahnya sendiri, Jimny pun laku keras. Jimny masuk dalam kategori kei-car sehingga pajaknya rendah di Jepang.

Tak cuma itu, Suzuki dilaporkan membatasi penjualan Jimny di Benua Biru Eropa karena tidak ingin menambah kadar gas karbondioksida. Jimny memang kurang baik dalam uji emisi. Emisi yang disemburkan Jimny sebesar 178g/km of CO2.

Selain tampang baru, ubahan yang dilakukan Suzuki pada Jimny adalah mesinnya. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan Suzuki untuk Jimny.

Untuk Jimny kategori mobil kecil maka mesinnya R06A turbo berkapasitas 660cc, dan versi mobil kompak mesinnya K15B 1.5L yang baru dikembangkan sehingga lebih bertenaga dan dapat diandalkan. Namun mesin ber-cc kecil hanya ditawarkan di Jepang saja.


Mesin K15B itu sama dengan Ertiga. Berkat mesin K15B Suzuki, kebisingan dan getaran saat sedang mengendarai mobil berkurang sehingga penumpang di dalam mobil lebih nyaman dan tenang. Radiator juga efisien memberikan output lebih tinggi setara performa AC lebih baik.

Mesin K15B di Jimny bisa menghasilkan tenaga setara dengan 75 kW pada rpm 6.000 dan torsi maksimum 130 Nm pada rpm 4.000. Sedikit berbeda dari Ertiga yang bisa menghasilkan tenaga 77 kW di rpm 6.000 dan torsi 138 Nm pada rpm 4.400.


Tonton juga video 'Suzuki Jimny 'Bertekuk Lutut' Saat Crash test':

[Gambas:Video 20detik]

Jimny Baru Jadi Berkah Buat Suzuki
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed