Rabu, 19 Des 2018 07:45 WIB

Berita Populer

BMW Rancangan Didit Anak Prabowo, Bocoran SUV Wuling

Dina Rayanti - detikOto
BMW karya Didit Hediprasetyo. Foto: Istimewa BMW karya Didit Hediprasetyo. Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak berita menarik sepanjang hari Rabu (19/12/2018). Bahasannya pun bermacam-macam mulai dari BMW karya Didit Hediprasetyo yang diketahui merupakan anak tunggal Prabowo Subianto hingga bocoran SUV Wuling yang muncul ke permukaan karena tertera dalam situs samsat.

Otolovers penasaran? Simak beritanya berikut!

1. BMW Hasil Desain Anak Prabowo

Foto: Istimewa


Timses Prabowo-Sandiaga memiliki buku biru yang salah satu isinya adalah frequently asked questions (FAQ) yang menjawab isu capres Prabowo Subianto dituding tidak punya 'anu'. Isu itu dibantah oleh timses Prabowo-Sandiaga.

"Kalau nggak punya "anu" kenapa punya anak. Anaknya menjadi desainer dunia dan mendesain mobil BMW seri termewah yg hanya diproduksi 5 unit saja di dunia," jawaban dari isu tersebut seperti dikutip detikNews, Selasa (18/12/2018).

Penasaran, apa sih mobil mewah yang didesain oleh Didit Hediprasetyo, putra tunggal Prabowo Subianto? Ternyata mobil yang dirancang Didit adalah seri termewah BMW pada masanya. Mobil itu adalah Seri 7 yang dirilis oleh BMW Individual.

Tertulis dalam siaran pers BMW yang dirilis tahun 2012 lalu, desain keseluruhan mobil BMW seri 7 facelift diakui adalah hasil karya anak bangsa, Didit Hediprasetyo.

Lahir di Indonesia Didit Hediprasetyo belajar fashion design di Parsons School untuk desain di New York dan Paris, di mana dia memperoleh gelar Bachelor of Fine Arts.

Foto: Instagram, Facebook


BMW seri 7 menggunakan warna-warna cerah di bagian eksterior dan interior seperti yang diinginkan konsumen. Jok akan menggunakan warna Merino Silk Grey dengan jahitan Platinum Merino.

Selain itu untuk mempermewah tampilan dalamnya, Didit menyemarkan kulit Alcantara atau kulit Nappa digunakan pada elemen di dalam kabin dan itu diklaim sangat kontras dengan warna Piano Black.

Kolaborasi BMW dengan Didit Hediprasetyo merupakan pertama di Asia dan mulai beredar di pasaran sejak Mei 2012.

2. Bocoran SUV Wuling yang Bakal Meluncur Tahun Depan

SUV WulingSUV Wuling Foto: Rachman Haryanto


Mobil-mobil berjenis SUV di Indonesia bakal semakin ramai. Mobil SUV nantinya tak hanya didominasi oleh produsen Jepang saja. Produsen China seperti Wuling dan DFSK pun sudah membocorkan bakal meluncurkan SUV tahun depan.

Memang masih sedikit informasi yang diberikan keduanya terkait SUV terbaru, namun soal SUV Wuling sudah ada sedikit titik cerah.

Misalnya dalam situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor Wuling tertulis ada beberapa model salah satunya tertulis Almaz 1.5 LTLUXCVT4x2A dan sisanya Confero. Di situ juga tertulis nilai jual Rp 203 juta.

Tapi nilai jual dalam informasi NJKB tersebut tidak bisa dijadikan patokan mengenai banderol harga dari pabrikan. Contohnya Confero tipe terendah di dalam NJKB nilai jualnya Rp 83 juta padahal dalam situs resmi Wuling Confero dijual mulai Rp 141,8 juta. Sebagai informasi Wuling hingga saat ini belum memiliki mobil bernama Almaz.

Wuling pun masih enggan menanggapi soal nama 'Almaz' pada SUV-nya itu.

"Nanti kita info kalau udah waktunya kita belum bisa info apakah pakai yang lain, pokoknya semester 1 tahun depan kita fokus ke SUV," ujar Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani ketika dikonfirmasi detikOto, Selasa (18/12/2018).

SUV Wuling sempat mejeng pada pameran GIIAS 2018. SUV berbasis Baojun 530 tersebut dibawa hanya untuk keperluan display dan tes pasar saja. Mobil juga masih dibawa secara utuh dari China dan bersetir kiri dan berkapasitas 5 penumpang.

"Kita lihat orang Indonesia itu keperluannya terhadap SUV seperti apa. Jadi nanti akan ada penyesuaian," kata VSSM Vice President Wuling Motors Cindy Cai.

Untuk ukuran mobil China, mobil ini tergolong menarik. Wuling Baojun merupakan SUV yang memiliki berbagai macam fitur menarik, diantaranya sunroof elektrik, kursi dengan sistem elektrik, sistem audio dengan konektivitas WiFi.

Di negara asalnya, mobil dibekali dua pilihan mesin 1.5 liter dengan turbo mampu merilis tenaga hingga 150 hp dan 1.8 liter yang mampu menghembuskan tenaga 138 hp. Seluruh tenaga akan disalurkan melalui transmisi enam percepatan otomatis DCT. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya