Minggu, 16 Des 2018 16:32 WIB

Nissan Disalip Wuling

Dina Rayanti - detikOto
Logo Nissan. Foto: Ari Saputra Logo Nissan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Aktifitas Nissan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang terbilang sepi. Bahkan tidak ada mobil yang benar-benar baru diluncurkan oleh Nissan.

Paling tidak Nissan hanya sedikit memoles tampilan pada mobil-mobilnya yang dijual di Indonesia. Hal itupun sempat membuat Nissan diterpa kabar miring soal penutupan pabriknya di Indonesia.

Namun hal itu telah dibantah oleh Regional Senior Vice President Asian dan Oseania Nissan, Yutaka Sanada yang menyebut pihaknya akan terus membuat pabrik Nissan di Indonesia ngebul.


Penjualan Nissan di Indonesia pun mulai tersalip oleh pendatang baru asal China, Wuling. Perlahan tapi pasti Wuling menorehkan kenaikan penjualan mobilnya di Indonesia.

Tercatat dalam data distribusi wholesales dan ritel Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bermodalkan tiga model Wuling menjual lebih banyak mobil dari Nissan.

Misalnya bulan November secara wholesales (dari pabrik ke diler), Wuling mengirimkan 1.277 unit mobilnya ke diler. Sedangkan Nissan hanya 819 unit. Secara total wholesales, 14.677 unit Wuling dikirim ke diler. Sementara Nissan tidak sampai setengahnya yakni 6.378 unit.

Kenaikan penjualan Wuling ini didukung pula oleh data ritel (dari diler ke konsumen). Pada bulan kesebelas tahun 2018, sebanyak 1.119 unit mobil Wuling terparkir di garasi konsumen.

Penjualan ritel Nissan justru tidak tembus 1.000 unit. Dalam data Gaikindo Nissan hanya mengirim 619 unit mobilnya ke konsumen pada November 2018. Sejak awal tahun Wuling memang sudah ngegas. Kalau dijumlah selama 11 bulan, sebanyak 13.808 unit mobil Wuling dikirim ke seluruh konsumen di Indonesia.


Torehan bagus Wuling belum dicapai oleh Nissan selama 2018 ini. Penjualan ritel Nissan selama 11 bulan hanya 6.333 unit.

Nissan sendiri baru 'aktif' lagi setelah meluncurkan mobil barunya yakni Terra pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Di Indonesia, Terra bakal menantang para pendahulunya seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport, Isuzu mu-X, hingga Trailblazer. Sanggupkah Nissan kembali berjaya dengan model barunya itu? Patut ditunggu nih Otolovers! (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com