Selasa, 11 Des 2018 07:28 WIB

Ngecas Mobil Listrik di Pertamina Hanya 15 Menit

Ruly Kurniawan - detikOto
SPLU Pertamina. Foto: Rizki Pratama/detikOto SPLU Pertamina. Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah resmi mengoperasikan Green Energy Station (GES), sebagai sarana pengisian daya untuk kendaraan listrik yang akan menjadi kendaraan di masa depan. Di sana, terdapat 4 charging station yang mampu mengisi daya mobil listrik dalam waktu 15 menit saja.

Durasi tersebut tentu masih bisa dikembangkan mengingat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di kesempatan yang sama menginginkan pengisian listrik untuk mobil kurang dari 10 menit.



"Fasilitas ini terbuka untuk umum yang memungkinkan. Sekarang durasi pengisiannya 15 menit namun nanti bila ada teknologi yang lebih cepat lagi tentu bisa dikembangkan walau nanti konsekuensinya dayanya lebih besar lagi. Kita akan lihat animo masyarakat dahulu," kata Direktur Utama PT Pertamina Retail Sofyan Yusuf di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Sedangkan untuk sepeda motor listrik, sistem swaping atau menukar baterai dimungkinkan di tempat tersebut.



"Ke depan untuk motor kita pakai check and replace swap, jadi tidak memakan waktu lama," sahut Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Energi dan Sumber Daya Mineral Agus Cahyono Adi di kesempatan sama.

Untuk saat ini memang SPLU hanya tersedia di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan. Ke depan, akan ada beberapa SPBU yang menerapkan hal sama. Tapi semua itu terjadi jika animo masyarakat positif.

"Ke depan akan dibuka di beberapa SPBU dan dalam waktu dekat akan ada SPBU khusus di daerah Pakubuwono," tutup Sofyan.



Simak juga video 'Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Makassar':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed