Kamis, 06 Des 2018 14:15 WIB

Soal Kecelakaan Nh Dini, Kok Truk Jalan di Jalur Kanan?

Dina Rayanti - detikOto
Nh Dini kecelakaan. Foto: Screenshot 20detik Nh Dini kecelakaan. Foto: Screenshot 20detik
Jakarta - Kendaraan bermuatan berat seperti truk dan bus diharuskan mengambil jalur kiri ketika berada di dalam jalur bebas hambatan alias jalan tol. Namun pada praktiknya masih sering ditemukan pengemudi truk dan bus yang bandel dengan mengambil lajur paling kanan.

Padahal dalam beberapa papan peringatan di jalan tol juga sudah sering terlihat kalau bus dan truk berada di lajur kiri. Tentu hal itu dapat menghambat serta membahayakan pengendara lain.


Misalnya kecelakaan yang menimpa sastrawan Nh Dini. Mobil Avanza berwarna hitam yang ditumpangi Nh Dini dihantam truk yang mundur sendiri dengan kecepatan tinggi.

Memang belum jelas hingga saat ini apakah truk tersebut melaju di jalur yang tidak seharusnya atau karena hilang kendali truk berwarna putih itu berpindah ke jalur kanan.

"Mungkin karena sudah limbung dan sopir memainkan setir efeknya truk bergerak liar," tutur Instruktur Safety Driving Rifat Drive Labs Andry Berlianto saat dihubungi detikOto.

Dalam CCTV yang terlihat, tidak jelas truk berjalan dari arah mana. Namun saat kejadian, truk berada di lajur kanan. Andry menambahkan, jika sekiranya pengendara berada di jalur yang tertutup truk atau bus ada baiknya jika berpindah lajur ke tempat yang visibilitasnya lebih baik.

[Gambas:Video 20detik]


"Pindah jalur dengan tingkat visibilitas ke depan yang jauh lebih luas," ujarnya.

Sebelumnya pihak kepolisian setempat menyebut truk tiba-tiba mundur sendiri karena mengalami kerusakan mesin.


"Diduga light truk mengalami kerusakan (berhenti sesaat di jalur utama) saat pengemudi akan melanjutkan perjalanan tidak bisa dikendalikan sehingga berjalan mundur kemudian terjadi laka dengan Kbm Toyota Avanza Nopol H-1362-GG yang melaju searah di belakangnya," kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi kepada wartawan.



Tonton juga ' Sastrawan Nh Dini akan Dikremasi Siang Ini ':

[Gambas:Video 20detik]

Soal Kecelakaan Nh Dini, Kok Truk Jalan di Jalur Kanan?
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed