Rabu, 05 Des 2018 15:38 WIB

Begini Antisipasi Agar Kecelakaan Seperti Nh Dini Tak Terulang

Dina Rayanti - detikOto
Nh Dini. Foto: Silvia Galikano/CNN Nh Dini. Foto: Silvia Galikano/CNN
Jakarta - Datangnya musibah memang tidak bisa ditolak. Seperti kecelakaan yang menimpa sastrawan Nh Dini hingga menyebabkan dirinya meninggal.

Mobil Toyota Avanza yang ditumpangi sastrawan Nh Dini ditabrak oleh truk yang tiba-tiba mundur sendiri. Dengan kecepatan tinggi, truk tersebut melaju ke belakang dan menabrak bagian depan mobil yang ditumpangi Nh Dini itu.

Akibat kejadian tersebut Nh Dini meninggal dunia karena nyawanya tak terselamatkan setelah dibawa ke rumah sakit. Kecelakaan semacam itu memang tak terduga dan mungkin tak bisa dihindari. Penyebab kecelakaan disebutkan pihak kepolisian karena mesin truk tiba-tiba mati hingga akhirnya mobil mundur.


Tetapi setidaknya agar tak terulang, ada beberapa hal yang bisa diantisipasi menurut Instruktur Safety Driving Rifat Drive Labs Andry Berlianto. Terutama saat kita mengendarai mobil kecil berada di belakang truk.

"See as far as you can see, artinya kita harus dapat melihat sejauh mata memandang dan mengobservasi kelainan yang ada di lingkungan sekitar," terang Andry kepada detikOto, Rabu (5/12/2018).

Saat menyetir dibutuhkan konsentrasi, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi secara mendadak kita bisa beraksi lebih cepat.

"Siaga penuh di belakang kemudi seperti menaruh dua tangan di lingkar kemudi agar reaktif jika terjadi hal-hal darurat," terang Andry.

Tonton video: CCTV Detik-detik Kecelakaan Nh Dini

[Gambas:Video 20detik]



Otolovers juga bisa memaksimalkan fungsi klakson. Artinya pada saat terjadi bahaya, klakson bisa dimaksimalkan guna memberi tahu pengguna jalan lainnya.

"Nyalakan klakson sebagai penanda ke sekitar," pungkas Andry. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed