Selasa, 04 Des 2018 18:25 WIB

Garansi Hangus karena Tak Isi BBM Sesuai Anjuran, Ini Kata Toyota

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi mengisi bensin tak sesuai anjuran. Foto: Puti Aini Yasmin Ilustrasi mengisi bensin tak sesuai anjuran. Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Para pemilik mobil memang disarankan untuk mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pabrikan. Itu dilakukan agar performa mobil bisa maksimal.

Namun tidak jarang juga pengguna kendaraan memilih BBM dengan kadar oktan lebih rendah karena harganya lebih murah. Baru-baru ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengeluarkan peringatan agar para pemilik mobil mengisi BBM sesuai anjuran dari pabrikan kalau tidak garansinya bisa hangus.


Hal senada pun disampaikan oleh Toyota. Pabrikan asal Jepang itu mengimbau agar para pemilik Toyota mengisi BBM paling rendah RON 91.

"Kami menganjurkan customer untuk melakukan pengisian BBM dengan minimal RON 91 atau lebih agar kinerja kendaraan sesuai dengan yang diharapkan oleh para engineer saat mengembangkan mobil tersebut," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikOto, Selasa (4/12/2018).

Soal garansi yang tak berlaku ketika pemilik kendaraan tak mengisi BBM sesuai anjuran, Soerjo sapaan akrab Fransiscus mengatakan mobil harus dicek terlebih dahulu di bengkel.

Boleh atau tidaknya mengklaim garansi kerusakan mesin sebut Soerjo ditentukan oleh diler.


"Jadi biar dicek dulu sama bengkelnya, contoh paling ekstrem kalau bensin diisi solar ya sudah pasti no warranty," terang Soerjo.

"Lebih baik dibawa ke bengkel jadi bisa diketahui masalah apa dicek menyeluruh dan diputuskan oleh authorized diler," pungkasnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed