Biar Harganya Murah Perawatan Mobil LCGC pun Nggak Rewel

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 03 Des 2018 11:28 WIB
LCGC dari Toyota. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mobil Low Cost Green Car (LCGC) dalam beberapa tahun menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan jenis mobil lainnya yang ada di Indonesia, harga mobil-mobil LCGC memang terbilang terjangkau.

Meski harganya cenderung murah namun tak berarti mobil LCGC dibuat dengan menggunakan komponen yang mudah rusak.

"LCGC sekarang bandel. Sebenarnya kalau mobil kalau perawatan berkala baik dan benar sejauh ini nggak ada masalah," ungkap Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi saat dihubungi detikOto.

Anjar juga menyebut, mobil LCGC saat ini menjadi primadona di Tanah Air. Ia menyebut mobil LCGC ramah kantong dari segi pengisian BBM hingga perawatannya.

"Kita dapat banyak testimoni dari pemilik LCGC itu mereka senang budget sesuai. Affordable lah ya bukan murah secara fitur ada yang disesuaikan tapi tidak mengurangi kualitas dibanding mobil biasa agak sedikit berbeda," jelas Anjar.


Mobil-mobil LCGC memang mulai banyak bermunculan sejak aturan soal mobil murah dan ramah lingkungan dikeluarkan oleh pemerintah. Saat ini ada beberapa merek yang memproduksi mobil-mobil jenis LCGC. Mulai dari Toyota, Daihatsu, Datsun, Honda, dan juga Suzuki.

LCGC sengaja dihadirkan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan mobil dengan harga terjangkau. Namun saat ini harga mobil LCGC pun ada yang hampir menyamai mobil MPV karena pengaruh nilai tukar dan faktor-faktor lainnya. (dry/lth)