Selasa, 27 Nov 2018 13:20 WIB

6 Sedan Amerika Disuntik Mati, Salah Satunya Sempat Masuk Indonesia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Cadillac XTS Foto: CNN Cadillac XTS Foto: CNN
Dearborn - Produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motors Co. (GM) melakukan aksi korporasi yang masif. Perusahaan akan menutup 5 pabrik, dengan 14.000 karyawan akan dipecat.

Hal ini harus dilakukan GM sebagai upaya pengurangan biaya produksi sebesar US$ 6 miliar. GM akan memecat karyawan yang biasa memproduksi mobil sedan. Di Amerika pasar mobil sedan tengah kalah pamor dengan mobil crossover, hatchback, SUV dan truck.

Dengan penutupan 5 pabrik itu berarti setidaknya ada 6 model sedan yang akan dihentikan produksinya pada akhir tahun 2019. Proses restrukturisasi ini juga merupakan bagian dari transisi GM menuju produsen kendaraan listrik, dan mobil otonom di masa depan.

Berikut mobil-mobil sedan yang akhirnya dihentikan produksinya di Amerika seperti dikutip dari CNN, Selasa (27/11/2018). Salah satunya sempat masuk ke pasar tanah air.



1. Buick LaCrosse

Selama periode Januari-September, mobil hanya terjual 13.409 unit turun 14,2 persen. Buick sendiri sekarang mulai beralih memproduksi mobil Crossover.

2. Cadillac CT6

Sedan mewah ini selama periode Januari - September terjual 7.270, turun 10,6 persen. Keputusan mematikan CT6 cukup mengejutkan karena mobil ini biasanya merupakan ajang pamer teknologi GM. CT6 merupakan satu-satunya mobil GM yang punya fitur semi otonom, tapi di sisi lain jadi mobil Cadillac yang kurang populer.

3. Cadillac XTS

Sedan Cadillac berikutnya yang dihentikan produksinya adalah XTS. Selama Januari-September mobil terjual 12.664 unit turun 15.9 persen. Mobil ini biasanya terjual kepada perusahaan taksi dan menjadi limosin.

4. Chevrolet Cruze

Nah ini dia mobil yang sempat masuk ke Indonesia, namun dihentikan penjualannya beberapa tahun lalu. Di Amerika mobil juga bernasib sama. Selama Januari - September penjualannya turun 26,5 persen menjadi 109.662 unit.

Chevrolet CruzeChevrolet Cruze Foto: CNN




5. Chevrolet Impala

Impala merupakan salah satu sedan dengan angka penjualan terburuk. Mobil terjual sebanyak 43.952 unit atau turun 13,4 persen selama bulan Januari-September tahun ini.

6. Chevy Volt

Mobil yang secara mengejutkan dihentikan produksinya oleh GM berikutnya adalah Chevy Volt. Mobil hybrid ini rupanya tidak masuk bagian elektrifikasi GM. Chevrolet lebih suka mempromosikan mobil listrik hatchback Bolt.

Chevrolet VoltChevrolet Volt Foto: CNN
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed