Sabtu, 24 Nov 2018 18:24 WIB

Seberapa Penting Airbag dalam Mobil?

Dina Rayanti - detikOto
Airbag mengembang karena mobil menabrak. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Airbag merupakan salah satu perangkat keselamatan dalam berkendara. Dengan airbag risiko yang ditimbulkan oleh kecelakaan diharap bisa berkurang.

Airbag akan mengembang secara cepat ketika mobil mengalami tabrakan keras. Dengan begitu baik pengendara maupun penumpang yang ada di dalam mobil tak mengalami kejadian fatal.


Lantas seberapa penting fitur airbag mobil bagi para pengendara dan penumpang?

"Kan itu tuh fungsinya kaya asuransi ya, seberapa penting sih asuransi buat orang. ya penting kalau kita lagi kena masalah, ya penting kalau kita kecelakaan tapi kan siapa sih yang mau kecelakaan," tutur Executive Coordinator Domestic Marketing Division ADM Rokky Irvayandi saat berbincang dengan detikOto pekan lalu.

Namun belum semua mobil yang dijual di Indonesia dilengkapi dengan airbag. Masih ada beberapa model yang belum terpasang oleh airbag. Biasanya mobil-mobil ini dijual dengan harga lebih murah daripada yang memiliki airbag.

"Kalau di luar negeri kan, mobil-mobil yang diekspor ke luar harus ada airbagnya. Kebanyakan negara ada, harus ada ABSnya, ada beberapa yang terkait sama standar safety," jelas Rokky.


"Itu ditetapin sama pemerintahnya, kalau kita mau masuk ke sana ngikutin standar safety di sana," beber Rokky.

Menurutnya semua mobil-mobil Daihatsu yang diekspor ke luar negeri sudah dilengkapi dengan airbag. Namun untuk di Indonesia masih ada yang belum memiliki airbag seperti Gran Max. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com