Rabu, 21 Nov 2018 20:29 WIB

Lolos di Pasar Jepang, Mobil Rakitan Indonesia Lebih Mudah Masuk Negara Lain

Luthfi Anshori - detikOto
Daihatsu Terios Foto: Dina Rayanti Daihatsu Terios Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Selain menjual mobil untuk kebutuhan domestik, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga memasok mobil untuk pasar luar negeri. Beberapa produk mobil ADM yang diekspor antara lain Rush/Terios, Avanza, Town Ace - Lite Ace (Gran Max), dan Wigo (Ayla).



Menurut Corporate Planning Head Astra Daihatsu Motor Rudi Ardiman, negara Jepang jadi salah satu tantangan bagi ADM untuk membuktikan kualitas produk yang mereka jual.

"Ekspor mobil Daihatsu ke Jepang, tantangannya adalah harus sesuai kualitas dan standar mereka. Ini jadi satu pilihan buat kami yang paling masuk akal. Apalagi prinsipal kita di sana. Jadi mereka sudah lebih tahu standar kualitasnya. Kalau sudah tembus di (Jepang) sana secara kualitas, (masuk) ke negara lain jadi lebih mudah," ungkap Rudi pada Workshop Wartawan Industri 2018 bersama Astra Internasional di FX Sudirman, Jakarta.



Jepang sendiri saat ini masih jadi tujuan ekspor ADM. Di negeri sakura ini, produk Daihatsu Gran Max cukup diminati. Selain Jepang, produk-produk Daihatsu juga dipasarkan ke sejumlah negara Asia dan beberapa negara Afrika.

"Terkait manufacturing, kita tidak membedakan rakitan untuk domestik dan ekspor. Jalurnya multiproduct. Jadi misal dalam satu line ada produksi Rush domestik dan ada produksi Rush impor. Jadi secara kualitas sama," pungkas Rudi. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed