Senin, 19 Nov 2018 14:58 WIB

Jualan Turun Bikin Xpander Juga Disalip Toyota Rush

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Rush. Foto: Toyota Toyota Rush. Foto: Toyota
Jakarta - Penjualan menurun harus dialami oleh mobil di segmen Low MPV Mitsubishi Xpander. Xpander harus tertinggal cukup jauh dari sang rival Toyota Avanza pada bulan Oktober 2018. Hal itu membuat Avanza kembali memuncaki mobil terlaris se-Indonesia.

Biasanya posisi Xpander dengan Avanza hanya berselisih satu. Kalau Xpander berada di tempat pertama Avanza duduk di tempat kedua dan sebaliknya. Namun pada bulan kesepuluh tahun 2018, Xpander tidak hanya diasapi oleh Avanza melainkan juga Rush.


Menurut data yang dirilis Toyota, secara wholesales Rush terjual sebanyak 6.588 unit. Selisihnya cukup jauh dengan Xpander yang dalam data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia hanya menjual 5.413 unit.

Perkasa sejak Februari 2018, Xpander harus mengakui keunggulan Avanza pada Juni 2018. Namun Xpander kembali menunjukkan tajinya di Indonesia dengan kembali memuncaki mobil terlaris di Indonesia selama Juli, Agustus, dan September 2018.

Namun lain cerita pada Oktober. Avanza cukup perkasa. Dengan model lama, mobil ini terjual sebanyak 9.519 unit atau mengalami kenaikan dari sebelumnya 6.151 unit. Xpander sendiri hadir dengan tampilan yang lebih segar.


Secara fungsional, mobil memang MPV namun tampangnya mirip dengan SUV. Mitsubishi sendiri masih enggan membuka suara terkait menurunnya penjualan Xpander selama Oktober 2018.

Persaingan mobil MPV di Indonesia memang cukup ramai. Banyak produsen mobil yang ingin mengambil bagian sehingga produknya bisa laris di Indonesia. Selain Mitsubishi dan Toyota deretan produsen mobil yang memproduksi Low MPV ada Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Wuling Confero, Honda Mobilio. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya