Senin, 12 Nov 2018 15:37 WIB

Mobil Listrik Mahasiswa Ini Siap Diuji Keliling Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Listrik Blits. Foto: Rengga Sancaya Mobil Listrik Blits. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mobil listrik garapan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Universitas Budi Luhur, BLITS dan Kasuari telah tiba di Jakarta. Mobil yang rencananya bakal diturunkan dalam ajang Reli Drakar 2021 ini akan disiksa dulu keliling Indonesia sejauh 15.000 km.

Untuk saat Ini trek terjauh yang sudah ditempuh adalah dari Surabaya ke Jakarta atau sekitar 808,3 km. Dalam perjalanan tersebut tidak melulu mulus, kata Project Leader BLITS, Yoga Uta Nugraha sempat mengalami kerusakan di daerah Solo.

"Sering (masalah), overheat transmisi awalnya memang transmisi jebol waktu masuk Solo, kami towing ke Jogja, 2 minggu repair di sana, kebetulan diberikan fasilitas tempat dan peralatan sama bengkel Mas Wahyu, setelah itu aman sampai Jakarta," ungkap pria yang disapa Uta di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.



Memang sebelumnya, mobil yang bernama BLITS akan diturunkan pada Reli Drakar 2019. Namun Uta mengatakan untuk menunda mengikuti kejuaraan tersebut, karena pihaknya ingin memastikan lebih lanjut performa mobilnya dahulu.

"Akhirnya karena kita fokus nguji dulu nih muter Indonesia kebetulan disponsori sama PLN untuk pengujian ini, kita ingin pastikan bahwa drivetrain, controller, ECU, baterai pack-nya itu aman," kata Uta.



Sembari menunggu kejuaraan, pihaknya tengah menguji untuk berkeliling Indonesia sejauh 15.000 km dengan waktu tempuh 100 hari.

PLN sendiri mensponsori kegiatan tersebut dengan bentuk pendanaan sebesar Rp 1 miliar serta menggratiskan pengisian ulang daya baterai di SPLU. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed