Selasa, 06 Nov 2018 12:06 WIB

Porsche Indonesia Tidak Bersaing dengan Importir Umum

Ridwan Arifin - detikOto
Pelek mobil Porsche (Foto: M Luthfi Andika) Pelek mobil Porsche (Foto: M Luthfi Andika)
Jakarta - Mobil impor berharga miliaran seperti sports car di Indonesia bisa didapatkan dengan dua cara, yakni melalui pembelian melalui Agen Pemegang Merk (APM) dan Importir Umum (IU).

APM sendiri mempunyai hak eksklusif untuk memasarkan produk ke pihak ketiga yang ditunjuk langsung oleh prinsipal. Lantas Importir Umum pun terkadang suka menjual produk APM, namun atas nama perusahaan sendiri, perlukah restu untuk memasarkan produknya?



Seperti Porsche Indonesia di bawah naungan PT Eurokars Artha Utama yang resmi memasarkan mobil mewah besutan asal Jerman ini.

"Itu sebenarnya sudah benar-benar ada di seluruh market dunia, semuanya ada importir umum tapi kalau itu sih kita tidak ada istilah kerja sama, maupun kita tidak bisa saling menjatuhkan satu sama lain," Sales & Marketing Trainer Porsche Indonesia Ricko Boen di Jakarta.

"Karena gimana pun situasinya kayak gitu, ya kita cuma bisa perbaiki terus sistemnya kita aja, karena pada akhirnya itu tergantung kebutuhan konsumen kan," ungkap Ricko.



Menurut Ricko persaingan saat ini adalah lebih kepada memberikan jaminan kenyamanan pada konsumen. "Kita yakin kalau dikasih servis bagus, salesnya bagus, evaluasi bagus, itu kita akan dipilih oleh kostumer ketimbang yang jalur-jalur nggak resmi, makanya kita usahakan memberi yang terbaik supaya dapat servis yang resmi dari Indonesia," kata Ricko.

Bahkan tak segan APM menerima layanan purna jual seperti servis dari pembelian unit Porsche dari pihak IU. Layanan tersebut, kata Ricko, merupakan aturan internasional yang harus dilakukan.

"Itu peraturan global internasional juga itu memang semua Porsche Center harus terima mobil dari Importir Umum, kemarin Oktober sama November itu kita ada program untuk terima mobil Porsche yang non market di Indonesia untuk servis di sini," jelas Ricko




Tonton juga 'Melesat dengan Impresi Kemewahan Porsche 718 Boxster S':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed