Kamis, 01 Nov 2018 14:43 WIB

Keren! Ini Mobil Futuristik Toyota ala Film Sci-Fi

Mustiana Lestari - detikOto
Toyota FV2. Foto: Mustiana Lestari/detikcom Toyota FV2. Foto: Mustiana Lestari/detikcom
Tokyo - Siapa yang tak terpikat canggihnya kendaraan yang disajikan di film sci-fi seperti Tron atau Blade Runner.

Kecanggihan teknologi itu rupanya tengah dikembangkan perusahaan otomotif raksasa, Toyota. Dinamai Toyota FV2 dan FCV Plus, kendaraan ini seolah merealisasikan mobil masa depan yang biasa ditampilkan di film Hollywood.

Dengan sumber daya dari hybrid, Toyota juga memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan.

"Kendaraan ini masih dalam pengembangan sejak 2014. Cara mengemudikannya cukup menggerakkan badan ke kanan dan ke kiri tanpa harus berpegangan pada setir. Selain itu teknologi hybridnya bisa digunakan kembali untuk kebutuhan rumah tangga," kata Nakagawa, salah satu guide di Mega Web, Tokyo, kepada detikcom, Rabu (31/10/2018).

 Toyota FV2 dan FCV Plus Toyota FV2 dan FCV Plus Foto: Mustiana Lestari/detikcom

Meski belum dipastikan waktu launching-nya, mobil ini diperkirakan akan memikat banyak pencinta otomotif. Pasalnya, bukan hanya futuristik dan ramah lingkungan dua mobil keren ini juga dilengkapi dengan intelligent transport system yang berhubungan langsung dengan kendaraan lain di satu area serta infrastruktur lalu lintas.

Kecanggihan makin komplet karena keamanan FV2 memuat informasi mengenai peringatan dini blind spot yang biasanya ada di persimpangan.

Uniknya, kendaraan ini juga mampu mengenali mood pengemudi melalui suara dan tampilan pengemudi. Sehingga kendaraan ini bisa menyarankan destinasi terbaik kepada pengendara sekaligus menjadi asisten baginya. Sampai-sampai kendaraan dapat berubah warna berkat Augmented Reality sesuai mood pengendara hingga membuat kendaraan ini tampak luar biasa.

Kedua kendaraan futuristik ini ditampilkan di Mega Web zona Toyota City Show Case di lantai 2F. Di lantai yang sama juga terdapat beberapa teknologi futuristik lainnya, salah satunya Environmetal and Safety Technology yang memberikan kesempatan pengunjung untuk melakukan simulator keselamatan.

Keren! Ini Mobil Futuristik Toyota ala Film Sci-Fi Foto: Mustiana Lestari/detikcom

Head of Area Dealer Management Momobil.id, Jimmy L Steven Simbolon berkesempatan mencoba simulator keselamatan melalui VR tersebut.

"Dari simulator ini, Toyota menunjukkan kenyamanan saat pengereman dan tikungan," terang Jimmy.

Jimmy dan para dealer momobil.id terbaik yaitu Abdul Gani serta M Hardi Effendy memang berkesempatan mengeksplorasi lebih jauh mengenai dunia otomotif di Jepang. Salah satunya Technology Zone yang juga memamerkan Hybrid Eco Drive melalui game, Toyota i-Road untuk kaum urban, Winglet untuk pedestrian dan lain-lain.

"Sebagai dealer memang kita harus melihat perkembangan secara keseluruhan dunia otomotif. Dan memang yang dilihat di Jepang itu ya otomotifnya," sebut Hardi pemilik showroom Ivo Motor Medan.

Dealer terbaik momobil.idDealer terbaik momobil.id Foto: Mustiana Lestari/detikcom

Sementara Gani pemilik showroom Karya Raja Muda mengatakan bahwa segala display di sana menunjukkan betapa hebatnya teknologi otomotif di Jepang.

Selain Toyota City Showcase Mega Web, di area yang tak jauh terdapat pula Ride One (tempat test drive Toyota), Ride Studio (tempat anak belajar mengenal aturan lalu lintas), dan History Garage (mobil bersejarah dari seluruh dunia). (mul/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed