Selasa, 30 Okt 2018 15:27 WIB

Ini Data yang Direkam Black Box di Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
EDR, semacam black box yang ada di mobil. Foto: Istimewa EDR, semacam black box yang ada di mobil. Foto: Istimewa
Washington - Sama seperti pesawat terbang, di mobil juga terdapat black box atau kotak hitam. Mobil-mobil terbaru sekarang biasanya dibekali alat yang serupa dengan black box di pesawat. Black box di mobil biasanya disebut event data recorder (EDR).

Diberitakan USA Today, black box pada mobil menjadi kewajiban di Amerika Serikat. Mobil-mobil baru di Negeri Paman Sam harus dibekali EDR untuk mengungkapkan fakta dan data jika mobil terlibat kecelakaan.



Sama seperti kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 dari maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, black box sangat diperlukan untuk kebutuhan investigasi bagaimana kecelakaan bisa terjadi. Begitu juga black box atau EDR di mobil.

EDR generasi pertama hanya merekam beberapa data seperti apakah airbag mengembang ketika kecelakaan. Kini, Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) mewajibkan mobil terbaru harus bisa merekam 15 variabel.



Informasi termasuk kecepatan kendaraan, posisi gas, waktu airbag mengembang, apakah rem ditekan, apakah sabuk pengaman dipakai, putaran mesin, sudut setir dan banyak lagi harus terekam dalam black box di mobil.

Produsen mobil juga bisa menambahkan 30 data tambahan yang bisa direkam di black box dalam mobil. Termasuk GPS, video dan audio. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed