Jumat, 26 Okt 2018 18:35 WIB

Honda Jazz Vs Toyota Yaris, Mana yang Terlaris?

Dina Rayanti - detikOto
Honda Jazz. Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor Honda Jazz. Foto: Dok. PT Honda Prospect Motor
Jakarta - Segmen hatchback memang tidak terlalu populer di Indonesia jika dibandingkan dengan MPV. Namun itu tak berarti mobil-mobil hatchback tidak laris.

Segmen hatchback mulai ramai ketika Honda pertama kalinya mengenalkan Jazz di Indonesia tahun 2004. Jazz langsung mendominasi penjualan mengalahkan model-model yang sebelumnya sudah hadir di Tanah Air seperti Chevrolet Aveo, Peugeot 206/207, hingga VW Golf.


Pada tahun pertamanya, Jazz laris manis. Berdasarkan data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Honda melepas 24.844 unit Jazz saat itu.

Tahun kedua, Jazz makin dilirik. Penjualannya pun mengalami peningkatan menjadi 32.241 unit. Pada tahun keduanya itu, Jazz juga kedatangan lawan baru yakni Suzuki Swift. Penjualan Swift tak semoncer Jazz. Tahun pertama, Swift hanya terjual sebanyak 856 unit.

Ingin mencicipi manisnya berjualan hatchback, Toyota pun tak mau ketinggalan dengan memboyong hatchbacknya Yaris ke sini. Walaupun tidak sebanyak Jazz, Yaris bisa mencatatkan penjualan sebanyak 9.899 tahun 2006.

Toyota Yaris 2018.Toyota Yaris 2018. Foto: Dadan Kuswaraharja

Meski banyak kedatangan pemain baru, persaingan utama hatchback di Indonesia didominasi oleh Jazz dan Yaris. Persaingan itu pun masih berlanjut hingga saat ini.


Belasan tahun ada di Indonesia, takhta hatchback terlaris belum tergeser. Takhta itu masih dipegang oleh Honda Jazz. Selama 15 tahun sudah ada 306.446 unit Jazz mengaspal di jalan. Sementara Yaris hanya terjual sebanyak 185.412 unit.

Persaingan tampaknya masih akan terus berlanjut. Apalagi kalau Honda dan Toyota meluncurkan versi terbaru dari Jazz maupun Yaris. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed