Jumat, 26 Okt 2018 13:50 WIB

Pikap Esemka di Boyolali Vs Mobil China, Mirip Nggak?

Dina Rayanti - detikOto
Pikap Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pikap Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Sejak pertama kali diumumkan bakal diluncurkan di Indonesia pertengahan tahun 2018 oleh mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono, mobil merek Esemka menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung, tapi tak sedikit juga yang memberikan komentar bernada miring, salah satunya menyebut mobil itu didatangkan dari China.

Hal itu mencuat setelah sebuah mobil SUV tertangkap kamera sedang diangkut di atas truk pada awal 2018. SUV tersebut memiliki emblem bertuliskan 'Esemka' di sebelah kiri. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tulisan 'Garuda 1'.


Mobil itu bukanlah satu-satunya yang bertuliskan 'Esemka'. Kemudian ada juga sebuah pikap double cabin bertuliskan 'Esemka Digdaya' di Solo.

Kedua mobil itu sempat meramaikan jagat sosial media karena dibanding-bandingkan dengan mobil keluaran China bermerek Foday.

Baru-baru ini deretan mobil pikap muncul di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) di Boyolali. Pikapnya yang berjejer di sana bukanlah double cabin, hanya pikap biasa. Memang wartawan tidak diizinkan untuk masuk ke dalam, sehingga foto diambil dari sisi samping.

Sayangnya baik tampilan depan maupun belakang tidak jelas. Sehingga sulit untuk mengetahui detail-detail bagian pada mobil. Mencuatnya foto-foto pikap di pabrik PT SMK Boyolali pun kembali mengantar Esemka disebut sebagai mobil China.


Pikap Esemka itu dibandingkan dengan mobil bermerek Changan dengan modelnya Star Truck. Dalam beberapa foto, beberapa bagian pikap Esemka sekilas mirip dengan Star Truck. Guratan garis-garis di samping mobil sekilas mirip dengan pikap China tersebut, juga bentuk jendelanya. Namun ada juga pikap Esemka yang memiliki grille terpisah layaknya mobil BMW.

Pikap Esemka di pabrik Boyolali.Pikap Esemka di pabrik Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto


Pikap China Changan Star Truck. Pikap China Changan Star Truck. Foto: Changan


Namun, kalau dilihat lebih jelas lagi, terdapat perbedaan di bagian baknya. Pikap Esemka terdapat garis-garis vertikal, sementara pikap China tidak ada.

Pihak Esemka hingga saat ini memang masih sulit untuk dihubungi. Kabar terbaru soal Esemka didapat justru dari orang dekat Jokowi Diaz Hendropriyono yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Presiden.

Diaz kala itu menampik kalau Esemka hanya mengimpor mobil China dan mengganti logonya dengan merek Esemka.

"Nggak mungkin dong kaya gitu (impor mobil China dan ganti emblem). Namanya bukan produk lokal dong," ucap Diaz beberapa waktu lalu.


Dalam daftar Uji Tipe, Esemka memang memiliki beberapa model mobil pikap. Mobil-mobil tersebut adalah
- Bima 1.3 L (4x2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
- Bima 1.0 (4x2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.
- Bima 1.8D (4x2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Solar.
- Bima 1.3 (4x2) M/T : Mobil barang bak muatan terbuka : BBM Bensin.

Sementara Changan Star Truck dibekali mesin 1.2L E-power 14 DOHC. Belum diketahui Esemka jenis apa yang berjejer di pabrik PT SMK Boyololali. Kalau menurut Otolovers mirip nggak?



Tonton juga 'Kenalan Sama Hatchback dan Digdaya Bikinan Esemka':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com