Senin, 22 Okt 2018 10:37 WIB

Suzuki Kejar Target Ekspor Ertiga dan Motor Nex II

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Suzuki Ertiga terbaru. Foto: dok Suzuki Ilustrasi Suzuki Ertiga terbaru. Foto: dok Suzuki
Cikarang - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) meresmikan eskpor mobil All New Ertiga dan motor NEX II sebagai komitmennya untuk terus mengoptimalkan produksi dalam negeri guna memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun internasional.

Acara peresmian yang bertajuk "Suzuki Export Ceremony All New Ertiga & Scooter Nex II from Indonesia to the World" sekaligus menunjukkan keberhasilan pencapaian Suzuki yang telah memproduksi 11 juta unit roda dua dan 2,5 juta unit roda empat yang dilaksanakan di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) di Cikarang, Senin (22/10/2018).



"Hari ini sangat bersejarah bagi kami, karena ekspor produk terbaru kami yaitu All New Ertiga dan NEX II mulai dilakukan. Dua produk ini merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Cikarang dan Tambun yang telah menjadi produk global. Selain itu, peresmian ekspor ini merupakan dukungan terhadap kebijakan pemerintah untuk meningkatkan ekspor dan memajukan perekonomian dalam negeri," ucap Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Seiji Itayama dalam keterangan resminya.

Kegiatan peresmian ekspor mobil dan motor ini juga merupakan dukungan PT SIM atas rencana roadmap 4IR atau Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian.

Tercatat selama 25 tahun menjadi eskportir mobil, Suzuki telah mengirim 478.351 unit CBU dan CKD ke berbagai negara. Khusus Ertiga hingga 2018, PT SIM sudah mengirim sebanyak 42.158 unit ke 28 negara.



Dalam acara peresmian kali ini dimaksudkan untuk mengawali ekspor dengan target 12.000 unit All New Ertiga ke Meksiko, Filipina, dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin, dan Oceania.

Bersamaan dengan hari ini, Suzuki turut mengaspalkan Suzuki Nex II ke Filipina dalam bentuk CBU. Untuk ke depannya, Suzuki akan mengekspor NEX II dalam bentuk CKD ke Kamboja.

Sejak Agustus 2018 Suzuki sudah mengekspor sebanyak 4.456 unit. Hingga Maret 2019, Suzuki menargetkan akan mengekspor 18.660 unit Nex II ke dua negara tersebut.

"Pada tahun 2017, 33% pendapatan kami bersumber dari ekspor dan kami menginginkan hal ini bisa naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas bantuan dan dorongan Pemerintah Indonesia yang terus membantu kemudahan ekspor Suzuki. Hal ini semakin memacu kami untuk memperluas ekspor ke negara-negara tujuan baru," tutup Itayama.




Tonton juga 'Ertiga Support Concept, MPV yang Ramah untuk Difabel':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed