Jumat, 19 Okt 2018 17:20 WIB

Buktikan Mobilnya Aman, Mobil Ringsek Dipajang Diler

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil ringsek dipajang di diler. Foto: Istimewa Mobil ringsek dipajang di diler. Foto: Istimewa
Victoria - Program Penilaian Mobil Baru Australasia (Australasian New Car Assessment Program/ANCAP) dan Asosiasi Diler Otomotif Australia punya cara unik untuk menunjukkan keamanan sebuah mobil yang dijual massal. Caranya dengan memajang mobil ringsek di diler.

Ini merupakan mobil ringsek bekas tes tabrak yang dilakukan ANCAP. Mobil ringsek ini membuktikan seberapa aman mobil tersebut untuk pengendara dan penumpang.



Diler Kia menjadi diler pertama yang menampilkan mobil ringsek tersebut. Sebuah Kia Stinger yang diuji tabrak oleh ANCAP pada 2017 itu mendapat bintang lima yang artinya sangat baik dalam hal keamanan setelah terjadi tabrakan.

Tak cuma Kia, diler Mazda juga turut memamerkan mobil ringsek. Sebuah Mazda CX-5 dipajang di showroom Garry and Warren Smith Mazda. Selain Mazda, ada mobil Suzuki Swift, Hyundai Kona, hingga Toyota Corolla yang ringsek dan dipajang di diler.



"Diler adalah pendukung penting untuk ANCAP dan (penyampai) pesan kendaraan yang lebih aman. Konsumen yang dapat melihat, menyentuh, dan bahkan duduk di kendaraan yang hancur setelah diuji coba--lengkap dengan airbag yang mengembang dan beberapa titik dummy--adalah pengalaman yang unik," kata Chief Executive ANCAP, James Goodwin.

ANCAP telah menemukan riset pasar bahwa hingga 88 persen pembeli mobil baru ragu memilih jenis kendaraan tertentu berdasarkan informasi keselamatan yang diberikan oleh diler. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed