Senin, 15 Okt 2018 07:27 WIB

Kalau Tak Ada Pertamax, Mobil Honda Masih Aman Tenggak Premium

Ridwan Arifin - detikOto
Honda. Foto: Ruly Kurniawan Honda. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Pertamina baru saja menaikkan harga bensin Pertamax menjadi Rp 10.400/liter. Tentu saja hal tersebut akan membuat pengguna mobil berpikir dua kali untuk memilih jenis bahan bakar yang digunakan.

Ada yang tetap bertahan dengan menggunakan Pertamax, namun ada juga yang beralih menggunakan BBM dengan oktan lebih rendah seperti Pertalite atau Premium.


Mengisi BBM dengan jenis apapun sebenarnya sah-sah saja. Terkait hal tersebut Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT PHM Jonfis Fandy mengungkapkan memang pabrikan merekomendasikan untuk penggunaan RON 92 atau setara Pertamax.

Namun ia tidak menampik untuk disesuaikan dengan tingkat urgensinya, seperti kondisi daerah yang belum terjangkau Pertamax.

"Kalau rekomendasi kita itu adalah Oktan 92, tapi kalau Anda pergi ke suatu tempat dan tidak tersedia Pertamax Anda boleh isi Premium," ungkap Jonfis.

Penggunaan RON 92 sendiri disinggungnya berlaku untuk semua produk mobil Honda yang berbasis bensin. Hal ini dikarenakan jika RON tidak sesuai kompresi maka yang akan terjadi detonasi alias mesin yang mengelitik.


"Ini juga berlaku untuk semua produk, karena merupakan rekomendasi dari pemerintah kepada konsumen dan juga APTM," terangnya.

Jadi Otolovers, semua penggunaan bahan bakar memang diperbolehkan dan memiliki untung ruginya sendiri. Bila menggunakan RON di bawah standar, di satu sisi lebih hemat namun di sisi lainnya bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan di masa mendatang.




Tonton juga 'Pengamat Ekonomi Energi UGM: Premium itu Racun Bagi Pemerintah!':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed