Rabu, 10 Okt 2018 08:50 WIB

Mobil Jepang Paling Tahan Banting?

Dina Rayanti - detikOto
Toyota. Foto: Reuters Toyota. Foto: Reuters
Jakarta - Mobil-mobil Jepang mendominasi posisi lima besar dalam sebuah survei perawatan mobil Car Maintenance Index 2018 yang dirilis New World Health di Amerika.

Mobil Jepang dalam survei tersebut menjadi yang paling terjangkau dari sisi perawatan jangka panjang. Kelima merek tersebut adalah Toyota, Honda, Opel, Nissan, dan Mazda.


Hasil survei tersebut mengindikasikan bahwa kelima merek mobil tersebut mudah dari sisi perawatan dan juga murah biaya perawatannya serta jarang memiliki masalah besar dalam kurun waktu yang lama.

Dalam situs Fin24, Rabu (10/8/2018), ada 30 merek yang dilakukan survei. Beberapa faktor yang menentukan antara lain ketersediaan suku cadang, keterjangkauan diler, dan bagaimana kondisi kendaraan setelah beberapa tahun dimiliki.

Survei juga dilakukan terhadap kemampuan diler untuk menangani semua permasalahan pada mobil. Bukan hanya permasalahan ringan saja, permasalahan berat sekalipun juga turut dipertimbangkan.

Terakhir keterjangkauan biaya asuransi menjadi salah satu bagian dalam survei tersebut.

Hasilnya Toyota menjadi yang paling mendominasi dan bisa memenuhi semua kriteria survei tersebut.


Tak cuma kendaraan baru, mobil-mobil bekas pun menjadi sasaran survei ini. Kendaraan berumur 25 tahun yang masih mengaspal di jalan pun masuk dalam hitungan.

Mobil-mobil Jepang sering disebut-sebut sebagai kendaraan yang andal dan juga terjangkau. Tidak hanya di pasar Asia, di dunia pun mobil Jepang banyak tersebar karena keandalannya itu. Di Amerika mobil Jepang cukup mendominasi di antara produsen-produsen mobil negeri Paman Sam.

Bagaimana Otolovers, setuju kalau mobil Jepang kuat-kuat? (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed