Selasa, 09 Okt 2018 21:20 WIB

Ngebet dengan Mobil Listrik? Ini 5 yang Terbaik

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil listrik Tesla Model 3 Foto: Elon Musk Mobil listrik Tesla Model 3 Foto: Elon Musk
Jakarta - Indonesia sedang melakukan percepatan untuk menuju era kendaraan listrik. Berbagai studi telah dilakukan seperti melihat seberapa efisiennya kendaraan listrik tersebut dan kebijakan apa yang tepat untuknya.



Di beberapa negara Eropa dan China, kendaraan listrik tengah populer. Sebab, mobil mampu meredam biaya operasional secara signifikan. Pengguna mobil listrik juga dimanjakan dengan berbagai cara seperti mendapatkan parkir prioritas di mall dan bebas melaju di jalur terbatas.

Bagi Otolovers yang sedang menyiapkan dana khusus untuk membeli mobil listrik, kini sudah ada banyak pilihan mulai dari pabrikan Eropa, Korea Selatan sampai Jepang. Merangkum Myev, berikut daftar 5 mobil listrik terbaik di 2018.

Hyundai IoniqHyundai Ioniq Foto: Geneva Motor Show


Daftar terbawah diisi oleh pendatang baru dari Korea Selatan, Hyundai Ioniq Electric. Hatchback listrik yang cocok di buat harian ini memiliki 118 tenaga kuda dengan jarak tempuh sampai 124 mil (199 km).



Segala teknologi terkini tentu sudah dimasukkan oleh Hyundai. Seperti lampu utama adaptive LED dan terintegrasi dengan smartphone, auto-braking system, blind spot monitor, lane keeping system, dan smart cruise control yang bisa beroperasi di keadaan macet (stop-and-go).

Nissan LeafNissan Leaf Foto: Dina Rayanti


Tepat di atasnya ada Nissan Leaf yang memiliki jarak tempuh sampai 151 mil. Leaf bisa dikatakan sebagai nenek moyang dari mobil listrik sebab Nissan melahirkannya sejak 2010. Leaf beberapa kali dinobatkan sebagai mobil listrik terlaris di dunia.

Nissan dikabarkan sedang mempersiapkan generasi terbaru Leaf yang jarak tempuhnya melonjak tinggi. Teknologinya pun bakal lebih canggih sampai ada penghindar kecelakaan dan ProPILOT Assist system.

Chevrolet Bolt EVChevrolet Bolt EV Foto: Pool (Carsscoop)


Di urutan nomor tiga ada Chevrolet Bolt EV, penantang terberat Tesla (dalam hal jarak tempuh kendaraan listrik). Mobil bergaya SUV ini memiliki jarak tempuh hingga 238 miles dengan 200 kekuatan kuda.

Namun memang dalam hal tampilan, Bolt tidak telalu berlekuk seksi. Tapi untuk menghemat pengeluaran, cukup tepat nampaknya bila membawa mobil tersebut ke garasi.

Tesla Model 3Tesla Model 3 Foto: Tesla Motors


Posisi pertama dan kedua diisi oleh Tesla lewat Model 3 (310 mil) dan Model S (249-335 mil). Selain jarak tempuh yang membuat kedua Tesla tersebut menggoda adalah kecepatan dan tampilan serta teknologinya. Bahkan dalam keadaan bersalju, mobil tetap bisa melaju tanpa hambatan karena ada mode khususnya.

Dalam segi kekuatan, Tesla Model 3 dikatakan sudah seperti mobil sedan balap. Bahkan beberapa orang mengatakan mobil bisa mengalahkan beberapa sportcars. Sebab Model 3 ini bisa melaju sampai kecepatan 155 mph (249 km/jam) dengan akselerasi 0-96 km/jam dalam 3.5 detik saja.

Sedangkan Tesla Model S adalah mobil listrik yang memiliki jarak tempuh terpanjang di dunia. Untuk ketangkasannya, mobil bisa melaju 0-96 km/jam dalam 2.5 detik saja.




Tonton juga 'Yuk, Kenali Lebih Dekat Tipe-tipe EV Kendaraan Listrik':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed