Senin, 08 Okt 2018 20:27 WIB

Baru Punya Mobil? Pastikan Ini Ada di Dalam Mobil

Gustia Martha Putri - detikOto
Ilutsrasi Foto: Transmart Carrefour
Jakarta - Bisa punya mobil sendiri, siapa yang tak bangga? Terlebih jika bisa didapat dari hasil memeras keringat sendiri. Agar mobil kesayangan selalu nyaman dan aman digunakan sehari-hari, ada beberapa hal yang penting untuk selalu ada di dalam mobil.

Berikut 6 hal yang wajib ada saat mengendarai mobil kesayangan.

1. Kelengkapan Standar

Pastikan mobil Anda memiliki seluruh kelengkapan standar demi keselamatan dalam berkendara. Kelengkapan standar tersebut yaitu lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu rem, lampu penunjuk arah, lampu mundur, lampu gandengan dan lampu utama.

Selain itu, pastikan mobil Anda memiliki alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan dan kedalaman alur ban, penghapus kaca, serta kaca depan.

Nah, bila Anda hendak memodifikasi mobil Anda, pastikan seluruh kelengkapan standar tetap terpenuhi. Keberadaan bumper, sepatbor, klakson, dan kaca spion.

2. Surat-surat Anti tilang

Sebagai pengemudi dan pengguna jalan yang baik, setidaknya ada 2 macam surat yang harus selalu Anda bawa agar tidak terkena tilang. Surat-surat tersebut yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kepemilikan) yang aktif dan SIM (Surat Izin Mengemudi). Anda pengendara mobil pribadi harus memiliki SIM A.

3. Peralatan Lengkap untuk Situasi Darurat

Persiapkan peralatan yang lengkap, guna menghadapi situasi terburuk saat berkendara. Toolkit seperti kunci roda, kunci pas, dongkrak, ban serep dengan kondisi yang baik, kotak P3K, serta segitiga dan rompi dengan visibilitas tinggi darurat adalah benda-benda yang perlu ada di dalam mobil.

4. Pengisi Daya Ponsel dan Jumper Aki

Tak hanya ponsel Anda yang perlu powerbank, aki mobil Anda juga perlu powerbank sebagai charger jumper. Kini beberapa brand sudah menjual powerbank yang juga bisa sekaligus difungsikan sebagai jumper aki. Jangan lupa kabel jumper nya, ya! Benda-benda tersebut akan berguna bila Anda mengalami hal-hal darurat pada aki.

5. Nomor Kontak Darurat

Saat keadaan darurat terjadi, pastikan Anda bisa dengan mudah menemukan nomor-nomor kontak yang penting, seperti nomor kontak perusahaan asurasi hingga nomor kepolisian.

Berikut nomor-nomor penting yang perlu dicatat atau bahkan dihafal

112 - bila terjadi bencana alam, kecelakaan, ataupun tindakan kriminal.110 - jika dalam keadaan darurat dan memerlukan bantuan Polisi. 118/119 - untuk bantuan kesehatan yang darurat.

6. Kotak P3K

Perlengkapan pertolongan pertama adalah salah satu barang paling dasar yang harus dimiliki setiap orang di mobil mereka. Pastikan bahwa kotak P3K di mobil Anda diisi dengan barang-barang paling penting yang dibutuhkan dalam setiap peristiwa dan ingat selalu untuk mengisi ulang kelengkapan di dalamnya.

Baru Punya Mobil? Pastikan Ini Ada di Dalam Mobil Foto: Transmart Carrefour


Transmart dan Carrefour menyediakan seluruh perlengkapan otomotif yang Anda butuhkan, mulai dari kotak P3K, segituga darurat, ropi hingga seluruh aksesoris pelengkap yang akan mendukung kenyamanan kendaraan Anda.

"Dapatkan harga spesial perlengkapan otomotif untuk kendaraan Anda, seperti pengharum, lap mobil, karpet mobil, sun shade hingga cover untuk stir mobil," ujar Vice President Corporate COmmunication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, pada Senin (8/10/2018).

Lihat harga spesial perlengkapan otomotif yang berlangsung dari 26 September lalu hingga 9 Oktober mendatang di sini. (mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com