Minggu, 07 Okt 2018 14:48 WIB

Suspensi Calya Suka Amblas? Ini Obatnya

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Calya. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Laris manis bak kacang goreng tak berarti suatu mobil sempurna. Misalnya Toyota Calya. Calya merupakan salah satu mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC) terlaris di Indonesia. Meski LCGC, Calya mirip mobil MPV karena bisa memuat tujuh orang.

LCGC bekapasitas tujuh penumpang itu pun tak luput dari komentar miring soalnya amblasnya mobil ketika diisi penuh. Suspensinya yang cenderung empuk, membuat kembaran Daihatsu Sigra itu amblas jika diisi beban lebih dari 500 kg.


"Jadi biasanya cenderungnya ambles Calya ini biasa disebut 7 seat ya, cuman dengan kategori rata-rata penumpangnya pasti dewasa semua, nah pasti ambles tuh biasanya suspensinya," ungkap Kepala Teknik Astrido Kurniawan.

Ia menyebut sebenarnya Calya bukan sepenuhnya tujuh penumpang melainkan 5+2. Artinya mobil bisa diisi lima orang dewasa dan dua tempat duduk tersisa diisi anak-anak.

"Tapi sebenarnya cenderungnya kategori (Calya) 5+2 cuman yang 2 itu yang buat belakang anak kecil, nah kalo ada keluhan dari costumer paling kita mengarahkan untuk upgrade suspensi," ujar Kurniawan.


Kurniawan mengatakan solusinya upgrade suspensi bisa dilakukan dengan cara mengganti spring atau tambah dumper.

Mengganti suspensi bukan berarti permasalahan hilang. Mobil memang cenderung tidak amblas, tetapi suspensi terasa lebih keras karena daya redam jadi lebih berkurang.

Keluhan soal amblasnya Calya maupun Sigra sebenarnya bukan hal baru. Hal itu sudah terdengar sejak awal tahun 2018. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com