Rabu, 03 Okt 2018 16:27 WIB

Permintaan Membludak, Mitsubishi Tambah Produksi Xpander

Ruly Kurniawan - detikOto
Petugas mengecek kondisi mobil Xpander di pabrik Cikarang, Bekasi Foto: Agung Pambudhy Petugas mengecek kondisi mobil Xpander di pabrik Cikarang, Bekasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Permintaan Xpander yang meingkat membuat Mitsubishi memutuskan untuk menambah kapasitas produksi tahunannya.

Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko mengatakan permintaan Xpander di Indonesia dan ekspor masih sangat tinggi. Jadi penambahan investasi untuk meningkatkan kapasitas produksi dinilai penting.



"Terkait permintaan yang besar untuk Mitsubishi Xpander, kita berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi tahunannya. Jadi, kapasitas produksi tahunan yang saat ini mencapai 160.000 unit/tahun akan menjadi 220.000 unit pada tahun fiskal 2020," katanya di Hotel Gran Melia Hotel, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Sehingga, lanjut Osamu, volume produksi Xpander akan meningkat dari 115.000 unit/tahun menjadi 160.000 unit pada tahun 2020 dimana 110.000 unit untuk pasar domestik dan 50.000 unit untuk pasar internasional, meningkat dari yang sebelumnya hanya 30.000 unit.

"Indonesia adalah negara penting bagi Mitsubishi setelah adanya Xpander. Berdasarkan fiscal year 2018, Indonesia menjadi pasar pertama bagi Xpander setelah China, Amerika, dan Jepang. Mobil Xpander rakitan lokal juga sudah dikapalkan ke berbagai negara. Ini adalah torehan luar biasa sehingga perlu untuk kami melakukan invesasi tambahan guna meningkatkan kapasitas produksi mobil Mitsubishi," kata Osamu.



Investasi tambahan yang dilakukan Mitsubishi adalah sekitar Rp 30 miliar dan akan melengkapi hasil investasi sekitar 4 miliar yen (Rp 540 miliar) beberapa waktu lalu. Hasilnya, investasi tersebut dapat memberi lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Bekasi dan total karyawan yang dimiliki akan mencapai 4.100 orang (dari 3.200 orang).

"Pertemuan siang ini adalah terkait rencana Mitsubishi untuk menambah investasi di Indonesia dengan meningkatkan kapasitas produksi, menambah tenaga kerja, dan meningkatkan ekspor. Kami patut mengapresiasi langkah besar Mitsubishi ini di Indonesia," papar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di kesempatan sama.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed