Selasa, 02 Okt 2018 18:19 WIB

Sudah Mengaspal 5 Tahun, Mobil LCGC Apa yang Terlaris?

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Agya. Foto: Luthfi Andika Toyota Agya. Foto: Luthfi Andika
Jakarta - Mobil Low Cost Green Car (LCGC) sudah ada di Indonesia sejak tahun 2013. Program LCGC sengaja dibuat pemerintah karena ditujukan bagi mereka yang ingin memiliki mobil namun kemampuan uangnya terbatas.

Tak bisa sembarangan, membuat mobil LCGC pun ada aturannya. Mulai dari kapasitas mobil di kisaran 980-1.200cc dengan konsumsi BBM minimal 20 km/liter.

BBM-pun disyaratkan memenuhi spesifikasi RON beroktan 92. Ada juga beberapa ketentuan teknis lain yang diatur dalam Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.


Beberapa produsen pun menyatakan keikutsertaannya dalam program LCGC ini. Ada Toyota, Honda, hingga Suzuki pada tahun pertama. Toyota meluncurkan Agya yang memiliki desain kembar dengan Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, juga Suzuki Wagon R.

Kemudian menyusul Datsun yang ikutan membuat mobil LCGC lewat Datsun Go dan Go+ Panca.

Tiga tahun berlalu, segmen LCGC kehadiran dua pendatang baru yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kali ini LCGC tak lagi berpenumpang lima melainkan bisa diisi tujuh orang. Sehingga pada tahun 2016 sudah ada tujuh mobil LCGC yang berseliweran di Tanah Air.

Mana yang paling menjadi favorit orang Indonesia? Menghimpun data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Toyota Agya mencatatkan penjualan terbanyak daripada enam model lain. Sejak 2013 hingga Agustus 2018 Toyota sudah melepas 239.977 unit.


Posisi kedua ditempati kembaran Agya yakni Ayla. Dalam periode yang sama Ayla sudah terjual sebanyak 179.769 unit. Tempat ketiga diisi oleh Honda Brio. Sebanyak 174.137 unit Brio Satya tersebar di jalanan-jalanan Indonesia.

LCGC 7 penumpang Calya pun tak kalah laris. Baru dua tahun hadir di Indonesia Calya pun merangsek ke posisi empat dengan total penjualan 164.257 unit. Kembarannya Sigra tercatat berhasil terjual sebanyak 109.568 unit.

Datsun lewat dua model LCGCnya duduk di tempat keenam dengan 92.457 unit terjual. Posisi buncit diduduki oleh Suzuki Wagon R dengan total 51.828 unit. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed