Senin, 01 Okt 2018 21:14 WIB

Ini yang Membuat Mobil Terbakar

Dina Rayanti - detikOto
Xpander terbakar. Foto: Istimewa Xpander terbakar. Foto: Istimewa
Jakarta - Seperti benda-benda yang memiliki sistem kelistrikan lainnya, mobil juga bisa terbakar. Banyak hal yang bisa membuat mobil tiba-tiba terbakar.

Melansir Daily Monitor, Senin (1/10/2018) mobil bisa terbakar karena beberapa faktor seperti karena selang bensin bocor, kepanasan, arus pendek, hingga kecelakaan parah mengenai tangki bensin. Para ahli menyebut kompartemen mesin menjadi tempat pertama pemicu kebakaran mobil.


Itu karena semua suku cadang berada di dalam kompartemen mesin.

"Hubungan arus pendek bisa menyemburkan api terutama saat kutub positif terkena percikan api yang menimbulkan mobil terbakar," ucap salah satu ahli dari Mutebi Garage, Grace Robert.

Mesin overheat pun bisa menimbulkan kebakaran. Mesin yang terlalu panas, membuat kabel-kabel meleleh. Biasanya hal itu terjadi kalau sistem pendingin tidak bekerja secara maksimal atau air radiator tidak cukup.

"Saat kendaraan kelebihan muatan, bisa memicu mesin menjadi terlalu panas sehingga kabel meleleh. Beban berlebih juga dapat membuat ban pecah sehingga pelek bergesekan langsung dengan jalan. Itu juga dapat memicu kebakaran," tambah Robert.


Mobil-mobil zaman now yang sudah tersambung dengan sistem komputerisasi pun tak terhindar dari potensi terbakar. Robert menyebut jika sistem komputer rusak atau kepanasan bisa juga memicu mobil terbakar.

Kebakaran pada mobil tak melulu faktor teknis. Ada juga faktor kecerobohan manusia seperti merokok saat sedang berkendara. Merokok saat mengemudi dapat berpotensi membuat mobil terbakar terutama ketika ada kebocoran selang bensin dalam mobil. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed