Minggu, 30 Sep 2018 20:15 WIB

Bukan Mercy, Trump dan Putin Pilih Mobil Buatan Negeri Sendiri

Dina Rayanti - detikOto
Mobil presiden Rusia. Foto: Reuters Mobil presiden Rusia. Foto: Reuters
Jakarta - Merek mobil asal Jerman Mercedes-Benz cukup identik dengan kesan mobil presiden. Banyak presiden dari berbagai negara yang memilih sedan S600 Pullman Guard menjadi mobil kepresidenannya.

Mungkin hanya beberapa kepala negara saja yang menaikki mobil buatan negerinya sendiri. Misalnya Donald Trump dan Vladimir Putin.

Presiden Amerika Serikat dan Rusia itu masing-masing menunggangi mobil buatan negaranya. Cadillac One atau biasa disapa 'The Beast' memang menjadi tunggangan wajib presiden AS dimanapun berada.


Mobil itu diproduksi oleh General Motors yang memang berasal dari AS. Putin pun tak mau ketinggalan. Sebelumnya Putin diketahui menunggangi Mercedes-Benz S600 pullman guard sebagai kendaraannya.

Namun saat kembali terpilih menjadi presiden Rusia, Putin tampak menumpangi mobil kepresidenan terbaru Aurus Senat. Aurus Senat merupakan mobil buatan Rusia yang terinspirasi dari produsen mobil mewah asal Inggris Rolls-Royce.

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard memang dibekali serangkaian fitur keamanan untuk para pemimpin negara. Termasuk bodi mobil yang anti-peluru.


Tetapi jangan salah, baik 'The Beast' maupun Aurus Senat diklaim menjadi mobil teraman untuk penumpang di dalamnya. Fitur keamanan bukan hanya anti-peluru saja. Yang jelas penumpang sekelas kepala negara bakalan aman dari segala serangan.

Selain Trump dan Putin, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga memilih untuk menggunakan mobil Proton sebagai kendaraan dinasnya.




Tonton juga 'Klasik dan Karismatik, Inilah Mobil Dinas Terakhir Bung Karno':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com