Rabu, 26 Sep 2018 17:01 WIB

Pesona Xpander Tidak Banyak Pengaruhi Avanza di Lampung

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Avanza Veloz Foto: Dina Rayanti Toyota Avanza Veloz Foto: Dina Rayanti
Lampung - Kelahiran Mitsubishi Xpander di Indonesia tidak begitu banyak mempengaruhi sang raja MPV Toyota Avanza di Sumatera khususnya Lampung. Banyak hal yang menjadi penyebabnya mulai dari pasokan yang tidak begitu banyak sampai persaingan harga.



Dikatakan Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, Judianto, pesona Xpander tak begitu berpengaruh di wilayah Sumatera. Sebab Avanza masih mampu mempertahankan tahtanya sebagai raja roda empat di Lampung.

"Euforia model baru memang pasti ada. Kalau saya lihat memang posisi Xpander itu ada di tengah yakni di bawah, Innova tapi di atas Avanza. Namun secara total di Sumatera, Avanza tidak turun ketika Xpander datang," katanya di Lampung, Sumatera.

"Mungkin karena harga Avanza masih cocok, ya?," tambah Judianto.



Berdasarkan datanya, pada tahun 2017 sebelum Xpander melakukan penetrasi masif ke Sumatera market share Avanza ialah 54,1 persen. "Xpander awal-awal 2 persen saja," katanya.

"Masuk ke 2018, kita jadi 50 persen. Kan tidak jauh. Jadi berdasarkan ini bisa dibilang kita tidak kemakan oleh Xpander, tapi mungkin terjadi pelebaran atau menggerus mobil sejenis lainnya," jelas Judianto.

Di Lampung sendiri, kini posisi Avanza masih di atas Xpander dengan torehan 37 persen (22 persen Xpander). (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed