Selasa, 25 Sep 2018 13:13 WIB

Mobil Bertenaga Dengkul, Digowes Mirip Sepeda

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil bertenaga dengkul (Foto: FitCar PPV)
Amsterdam - Sebuah perusahaan Belanda membuat mobil hasil gabungan dengan sepeda. Pedal rem dan gasnya diganti dengan pedal sepeda. Cocok buat orang yang ingin berolahraga di dalam mobilnya.

Mobil ini dinamakan FitCar PPV (Pedal Powered Vehicle/Mobil bertenaga pedal), hasil garapan sebuah perusahaan Belanda yang disokong oleh investor asal Arab Saudi, Nasser Al Shawaf. Al Shawaf mengembangkan mobil itu bersama para insinyur Belanda, yang tergabung dalam BPO. Mereka menyebut mobil ini sebagai mobil pertama yang juga bisa membakar kalori penggunanya.



Mobil ini mobil betulan, bukan mobil sepeda yang seperti kita lihat di berbagai tempat betulan. Aslinya adalah mobil Audi A4 Avant bermesin 2.000 cc bensin TFSI. Bedanya ada di interior tepatnya di ruang kemudi.

Setir mobil diganti, begitu juga dengan pedal rem dan gasnya, pedal rem dan gas diganti dengan punya sepeda. Pedal sepeda itu dihubungkan dengan flywheel yang menghasilkan sinyal elektronik untuk mengaktifkan akselerator mobil. Jadi jika biasanya kita harus menginjak kaki untuk ngegas atau ngerem, maka sekarang Anda harus gowes.



Mobilnya bisa beroperasi normal, jadi kalau mau cepat Anda harus gowes lebih cepat. Jika ingin mengerem, ada tuas rem tambahan di samping setirnya.

Pedal mobil diganti dengan pedal sepedaPedal mobil diganti dengan pedal sepeda Foto: FitCar PPV


"Saya bekerja di banyak kota di seluruh dunia, dimana macet 60 menit di jalanan sudah biasa. Membuang-buang waktu selama lebih dari 2 jam sehari sangat tidak sehati. Akhirnya keluarlah ide FitCar, kerjanya sama saja dengan mobil konvensional. Bedanya dalam FitCar Anda bisa berolahraga sambil nyetir," ujar Al Shawaf.

FitCar PPV sudah dipatenkan secara internasional dan tengah menunggu persetujuan otoritas kendaraan di Belanda agar bisa digunakan di seluruh benua Eropa.

Jelasnya yuk kita lihat videonya:

[Gambas:Youtube]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com