Kamis, 20 Sep 2018 21:21 WIB

SUV Pertama Ferrari Resmi Dipanggil 'Purosangue'

Ridwan Arifin - detikOto
Ferrari Purosangue Foto: Pool (Carbuzz) Ferrari Purosangue Foto: Pool (Carbuzz)
Jakarta - Sadar akan perkembangan dunia otomotif yang kini tidak hanya bicara soal sedan, pabrikan mobil sport Ferrari sudah mengumumkan akan ikut memperkenalkan SUV berdarah crossover.



Bahkan rencana besar Ferrari ini sudah diumumkan tahun lalu, dikatakan pabrikan kuda jingkrak asal Italia sudah mengumumkan akan membuat mobil jenis SUV dengan teknologi Hybrid. Kini secara resmi, dihadapan para investor, CEO Ferrari Louis Carey Camilleri menegaskan SUV atau jenis crossover pertama besutan Ferrari akan diberi nama Purosangue yang artinya 'darah murni'.

Ferrari PurosangueFerrari Purosangue Foto: Pool (Carbuzz)


Projek Purosangue ini merupakan rencana masa depan Ferrari yang sebelumnya akan dirilis pada tahun 2020, namun ditunda sampai tahun 2022. Camilleri mengatakan penundaan itu akan memungkinkan Ferrari untuk membuatnya lebih sempurna.



Hal ini juga sejalan dengan penyataan mendiang bos Ferrari sekaligus CEO Fiat Chrysler Automobiles sebelumnya, Sergio Marchionne, mengungkapkan akan tetap menjunjung sisi eksklusif pada merk Ferrari.

"Kami sangat serius soal ini. Namun sebelum keputusan produksi dibuat, Ferrari harus menguasai terlebih dulu hubungan antara ekslusivitas dan kelangkaan produk, kemudian kami harus menyeimbangkan antara hasrat untuk berkembang dengan makin melebarnya portofolio produk," ucap Marchionne beberapa waktu lalu.

Senada dengan hal itu, Camilleri bahkan enggan menyebut Purosange sebagai mobil SUV. "Saya benci mendengar SUV dalam kalimat yang sama dengan Ferrari," kata Camilleri kepada investor. Menurutnya Ferrari Purosangue adalah kendaraan utilitas empat pintu yang diberi nama FUV (Ferrari utility vehicle).



Camilleri juga memberikan beberapa rincian baru tentang pertama pembuat mobil Italia ini, seperti penggunaan chassis 4 kursi, 4 wheel drive, dan sistem front mid engine architechture yang digadang bisa membantu Ferrari untuk mengoptimalkan penyebaran bobot.

Menariknya, Ferrari juga akan kembali ke mesin V6 yang lebih kecil, kemudian dipasangkan dengan sistem teknologi hibrida, mesin semacam itu diklaim dapat dengan mudah memberi daya pada kendaraan apa pun.

Purosangue nampaknya akan menjadi mobil pertama Ferrari yang menampilkan tubuh lima pintu, tetapi akan memiliki bentuk gaya coupe lebih ramping dari kompetitornya Lamborghini Urus. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed