Kamis, 20 Sep 2018 10:13 WIB

Beli Apartemen Ini Gratis Mobil BMW

Ruly Kurniawan - detikOto
BMW Seri 3. Foto: Pool (Carscoops) BMW Seri 3. Foto: Pool (Carscoops)
Jakarta - Ada berbagai cara perusahaan dalam mengikat konsumen. Tapi siapa menyangka bahwa 'umpan' yang diberikan oleh pengembang suatu apartemen asal China ini menghadiahkan mobil mewah asal Jerman, BMW.

Dilaporkan The Business Times, China Merchants Shekou Industrial Zone Holding Co berharap semua unit apartemen mewah yang dibangunnya terisi atau terjual. Tapi nyatanya, dalam beberapa bulan belakangan banderolan US$ 621,000 atau Rp 9,2 miliar per unit sangat di luar jangkauan. Apartemen hanya laku 25 unit dari 350 yang tersedia.



Oleh sebab itu, perusahaan memutuskan untuk memberikan 'umpan' yaitu berupa mobil BMW. Jadi seluruh pembeli unit apartemen akan diberikan pilihan gratis untuk membawa BMW Seri 3 atau BMW X1 ke garasinya. Namun apabila peminatnya tidak menginginkan mobil, perusahaan akan melakukan penyesuaian harga kembali (diskon).



Peristiwa tersebut dinilai wajar terjadi di China. Sebab kredit semakin ketat, orang-orang kurang bersedia menaruh investasi besar, keuangan melambat, sampai populasi yang makin tinggi (1,6 miliar warga). Memang, ada yang menginginkan rumah untuk tinggal tapi masih rendah keinginan warganya untuk menempati tempat tinggal mewah.

Permintaan terhadap mobil juga melambat. Dengan 28,8 juta kendaraan terjual (pada tahun 2017), China masih menjadi pasar mobil nomor satu di dunia. Tapi angka itu hanya mewakili pertumbuhan 3 persen dari tahun 2016, dan menandai bahwa tingkat pertumbuhan kepemilikan cenderung lambat. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed