Selasa, 18 Sep 2018 13:34 WIB

Avanza Model Baru Lama Keluar, Orang Serbu Rush

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Veloz (kiri-merah) dan Toyota Avanza (Foto: Dadan Kuswaraharja) Toyota Veloz (kiri-merah) dan Toyota Avanza (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Singapura - Sudah 3 tahun lewat, Toyota masih enggan menyegarkan Avanza. Alhasil banyak penggemar Avanza yang malah melirik mobil lain. Di line up Toyota, mobil yang malah jadi pilihan konsumen yang selama ini menggunakan Avanza adalah Rush.

Fakta ini disampaikan oleh Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto saat ditemui di Singapura.



Penjualan Avanza sendiri menurut Suryo sudah menurun. Jika biasanya 8.000 unit per bulan, sekarang bisa turun 2.000 ke level 5.000-6.000.

"Turun dibanding tahun lalu, tapi Rush-nya bisa 7.000 bulan Juli, tetapi kami maintain di level 5.000 kalau Rush. Rush dalam 1-2 bulan itu lagi kami coba percepat dari tambahan unit dari produksi ada blessing jadi kami bisa bisa tambah Rush, jadi outstanding (inden) bisa kita cepetin terutama di daerah yang Sumatera dan Bali yang indennya 4 bulanan," jelasnya.

Suryo mengatakan adalah hal yang wajar jika orang yang tadinya menggunakan Toyota Avanza sekarang memilih Rush. "Memang ditujukannya begitu, Agya, Calya dan Avanza itu masuk kategori low, untuk first entry buyer kebanyakan ambil 3 model itu, kalau Rush kan konsumennya mereka lebih banyak yang refreshment atau additional buyer," ujarnya.



Komposisi pengguna Rush yang merupakan pembeli pertama atau first buyer lebih sedikit dibandingkan Avanza. "Kalau Rush first entry itu 20-30 persen, kalau Avanza 50-60 persen, jadi sisanya refreshment dan additional. Memang mereka punya seperti itu, orang yang ganti mobil ya ambilnya Rush, nggak ambil model yang sama lagi (Avanza)," ujarnya.

"Kebetulan ada konsumen kita yang modelnya, kebetulan Rushnya kita seven seater, ya sudah kalau Avanzanya tidak bisa keluar Pak Suryo, saya beli Rush dulu, tetapi saya Avanza loyalis, kalau Avanza keluar saya beli lagi, saya yakin harga jual Rush tidak akan turun banyak," ujar Suryo menirukan omongan pengguna Avanza.



Soal model baru Avanza, Suryo meminta masyarakat untuk bersabar, kalau sudah waktunya, Toyota pasti akan segera menyampaikan.

"Pasti ada semua, pasti ada mau Vios, Camry, Sienta, cuma waktunya belum tahu," ujarnya.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed