Kamis, 13 Sep 2018 20:59 WIB

Peran Kaca Spion Mulai Digantikan Kamera di Jepang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Peran Kaca Spion Mulai Digantikan Kamera. Foto: Dok. Lexus Peran Kaca Spion Mulai Digantikan Kamera. Foto: Dok. Lexus
Tokyo - Mobil masa depan bakal semakin canggih. Komponen jadul akan digantikan dengan perangkat yang lebih keren dan sederhana. Kaca spion, misalnya.

Mungkin beberapa pabrikan sudah mulai memamerkan konsep mobil dengan kaca spion yang digantikan oleh kamera. Tapi, itu baru sebatas konsep, kini Lexus di Jepang sudah menawarkan Digital Outer Mirrors, yaitu sebuah spion yang tidak menggunakan kaca melainkan pakai kamera.

Perangkat itu pertama kali hadir di sedan Lexus ES yang akan dijual pada akhir Oktober. Ini akan menjadi mobil produksi massal pertama yang mendapatkan kamera dan layar sebagai spion samping.



Pada dasarnya, spion samping adalah kamera. Citra yang ditangkap kamera itu ditampilkan di layar kiri dan kanan di dalam kabin. Hal ini membuat visibilitas area sekitar mobil lebih jelas di malam hari atau dalam cuaca buruk. Digital Outer Mirrors menawarkan visibilitas yang bisa diperluas saat mobil berbelok atau sedang mundur.



Teknologi ini memungkinkan untuk menemukan solusi spion yang ramping dan futuristik sekaligus memberikan visibilitas yang baik. Bahkan, spion kamera ini bisa mengurangi kebisingan angin karena permukaan yang lebih kecil.

Keuntungan lainnya adalah, Digital Outer Mirrors dibentuk untuk menahan akumulasi hujan dan salju. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed