Kamis, 13 Sep 2018 18:53 WIB

Apa Bedanya Fitur Xpander Buatan Cikarang di Luar Negeri?

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mitsubishi tak hanya memproduksi Xpander di Cikarang untuk pasar Indonesia, melainkan juga dikirim ke negara-negara tetangga. Meski begitu, keluar dari pabrik yang sama tak berarti fitur-fitur yang ada di dalamnya pun serupa.

Pihak Mitsubishi mengklaim penentuan fitur itu disesuaikan dengan negara tujuan Xpander tanpa merinci perbedaannya.


"Spesifikasi Xpander disesuaikan kebutuhan pasar dan mmengacu ke peraturan di masing-masing negara," ujar HR dan GA Director MMKI Prianto.

Dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Xpander dikirim ke beberapa negara seperti Thailand, Filipina, Bolivia, hingga Mesir. Saat melakukan ekspor, Mitsubishi sempat diprotes oleh komunitas pencinta Xpander karena dinilai tidak adil soal fitur melimpah pada Xpander versi ekspor.


Memang apa saja sih fitur Xpander yang berbeda di dalam dan luar negeri?

Mengutip situs resmi Mitsubishi Thailand tampak banyak fitur tersemat. Mulai dari Active Stability Control, Traction Control System, Hill Start Assist, ABS, EBD, Brake Assist, Immobilizer and Security Alarm System, Child Protection Rear Doow Locks, Dual SRS Airbag, Seatbelt Reminder, Isofiz, hingga Rear View Camera.

Semua fitur itu tersemat pada Xpander tipe GT yang dijual di Thailand. Kalau membandingkannya dengan di Indonesia hampir semua fitur itu juga ada pada Xpander tipe tertinggi yakni Ultimate. Hanya traction control saja tidak dimiliki Xpander lokal. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed