Rabu, 12 Sep 2018 15:48 WIB

Suzuki Karimun Listrik dari Indonesia?

M Luthfi Andika - detikOto
Suzuki Wagon R Listrik Foto: Dok. Autocar India Suzuki Wagon R Listrik Foto: Dok. Autocar India
Jakarta - Suzuki bakal punya varian mobil listrik terbaru dalam bentuk city car yang merupakan hasil kerja sama dengan Toyota, yakni Wagon R listrik atau Suzuki Karimun (LCGC) kalau di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales, memilih untuk tidak memberi komentar mengenai hal ini.



Padahal ada pertanyaan besar, apakah benar Suzuki Wagon R yang bakal berbekal listrik ini memiliki platform dari Indonesia?

"Kami tidak bisa berkomentar lebih jauh, hal tersebut di ranah prinsipal (Suzuki Jepang) kami," ujar singkat 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra kepada detikOto, Rabu (12/9/2018).

Seperti pemberitaan detikOto sebelumnya, Suzuki merupakan salah satu produsen mobil besar asal Jepang yang mendukung era kendaraan listrik. Beberapa waktu lalu, bahkan, ia berkolaborasi bersama Toyota untuk memproduksi mobil listrik.



Kini, Suzuki Wagon R (di Indonesia dikenal dengan nama Karimun) dengan energi listrik tengah disiapkan.

Dilansir indiacarnews, mobil yang tengah disiapkan itu akan turut meramaikan ajang MOVIE Summit di New Delhi, India, sebagai kendaraan prototipe. Suzuki Wagon R EV didukung baterai berkapasitas 10-24 kWH.

Secara keseluruhan tampangnya tak ada perbedaan sigifikan dengan model standar (yang sudah dijual di Jepang pada 2017). Tapi saat diperhatikan, lampu utama dan grill berlogo 'S' di tengah mengalami perubahan.



Sisi sampingnya juga tampak seperti mobil keluarga premium dari Toyota yakni Alphard. Namun mekanisme pintu Suzuki Wagon R EV masih konvensional.

Sampai saat ini belum dikonfirmasikan secara detail interior dan juga spesifikasinya. Namun dikatakan bahwa mobil bakal meluncur di India pada semester pertama tahun 2020. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed