Rabu, 05 Sep 2018 19:16 WIB

Mobil Listrik Mungil ini Lebih Tua Dari BMW i3, Dijual Rp 95 Juta

Ruly Kurniawan, Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil listrik BMW Foto: RM Sotheby's
Jakarta - Jauh sebelum kemunculan mobil listrik seperti BMW i3, produsen otomotif asal Italia bernama Zagato pernah meluncurkan sebuah kendaraan mungil bermotor listrik. Sontak hal tersebut merubah paradigma dimana Italia hanya mampu menciptakan mobil GT atau sportcar.

Melansir motor1, microcar bernama Zele ini diluncurkan pertama kali di pameran otomotif Geneva Motor Show 1972. Mobil bermuatan dua penumpang itu lahir di tengah ketatnya persaingan Ford dan Opel sebagai kendaraan roda empat terlaris.


Zagato awalnya hanya memasarkan Zele ke beberapa negara, diantaranya Amerika Serikat dan sekitarnya. Pada saat itu, pabrik perakitan Zagato mampu membuat 500 unit Zele.

Dibangun di atas rangka dan sasis Fiat 500 dan Fiat 124, Zele tak mampu bertarung secara tangguh dengan para pemimpin pasar otomotif zaman itu. Padahal bodi mobil sudah dirancang menggunakan material fiberglass.

Oleh sebab itu, sekarang kendaraan klasik berkapasitas motor listrik 1.000, 1.500, dan 2.000 tersebut menjadi barang langka.


Namun baru-baru ini ada seorang kolektor yang masih menyimpan Zele dan akan melelangnya di RM Sotheby's London. Mobil diklaim masih dalam keadaan baik karena selama 11 tahun pertama Zele digunakan secara teratur oleh pemilik awal dan dijual ke kolektor pribadi pada tahun 1985.

Kemudian, pada tahun 2011, pemilik saat ini, membayar untuk pemulihan EV dan mengganti penuh baut yang sudah tak layak. Album dari proses pemulihan menyertai mobil ini.

Awalnya, mobil itu tersedia dalam total tujuh warna. Mobil khusus ini selesai dalam warna kuning dan diharapkan untuk laku antara £ 5.000 - £ 10.000, atau Rp 95 juta hingga Rp 191 juta. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com