Minggu, 02 Sep 2018 10:16 WIB

Ancang-ancang Apple Garap Mobil Otonom

Ruly Kurniawan - detikOto
Apple Car. Foto: ilustrasi/istimewa Apple Car. Foto: ilustrasi/istimewa
California - Apple tampak tengah serius mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia otomotif di tahun 2023 atau 2025 mendatang. Dikabarkan, nantinya perusahaan asal Amerika itu akan membuat mobil masa depan, listrik dan teknologi mobil otonom serta terkoneksi.

Beberapa langkah strategis tengah dilakukan oleh pihak Apple. Mulai dari menarik 46 karyawan Tesla sejak awal tahun ini termasuk Doug Feld, mantan eksekutif teknik yang mengawasi produksi Tesla Model 3, hingga berhasil merayu salah satu orang terkaya di dunia untuk investasi, Warren Buffet.



Namun dikatakan, Buffet baru menggelontorkan sedikit koceknya (USD 252 juta atau 5% saham di Apple) untuk mendukung kendaraan masa depan Apple itu.

"Kita baru membeli sedikit. Saya membeli (saham) hanya sedikit. Saya suka membeli sesuatu dengan murah," kata pemilik sebagian besar saham mobil listrik terkenal China, BYD Automobile tersebut.

Di kesempatan berbeda, salah seorang analis Ming Chi Kuo mengatakan bahwa Apple sudah serius dalam menggarap projek barunya ini. Dikatakan juga, kemungkinan Apple Car sukses cukup besar.



"Apple dapat melakukan integrasi yang lebih baik mulai dari hardware, software dan layanan daripada pesaing saat ini di sektor elektronik dan pesaing potensial di sektor otomotif. Kategori layanan Apple juga akan tumbuh secara signifikan melalui masuk ke pasar mobil dengan meluncurkan Apple Car," ujar Koe.

Pada suatu wawancara tahun lalu, CEO Tim Cook juga mengungkapkan bahwa perusahaan (Apple) sedang berkerja membuat sebuah 'otak' baru yang nantinya disebut sebagai 'the mother of all AI (Artificial Intelligent) projects' atau 'induk dari semua projek AI'.

"Saya pikir ada gangguan besar agar kita bisa ke sana (memanfaatkan secara penuh kekuatan AI atau kepintaran buatan). Nanti tidak hanya mobil self-driving saja, tapi juga elektrifikasi," tutup Cook. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed