Selasa, 28 Agu 2018 14:51 WIB

Ini Kiprah Xpander dan Avanza 'Made in Indonesia' di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mitsubishi membuat Xpander bukan hanya untuk memenuhi pasar Indonesia. Mobil MPV berlogo tiga berlian itu juga dikirim ke negara-negara tetangga. Mitsubishi mengikuti jejak produsen mobil lain yang turut mengekspor MPV-nya.

Dalam data ekspor CBU Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebelumnya sudah ada Daihatsu mengekspor Avanza (Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu), Suzuki lewat Ertiga dan APV, serta April lalu Mitsubishi mulai mengirim Xpander ke negara luar.


Kalau di Indonesia keduanya boleh menjadi raja mobil terlaris, bagaimana dengan di luar negeri? Sepanjang bulan Juli 2018, Xpander yang dibuat di pabrik Mitsubishi kawasan Cikarang laku sebanyak 2.277 unit.

Dengan angka sebesar itu, Avanza harus puas duduk di posisi kedua di bawah Fortuner yang mampu mengirim 7.304 unit.

Sementara itu Xpander menempati tempat kelima setelah Toyota Wigo (Agya). Sebagai informasi, Avanza baik itu untuk pasar ekspor maupun lokal bukan diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), melainkan di pabrik Daihatsu.


Namun saat dijual di luar negeri namanya kembali Avanza. Daihatsu juga memproduksi beberapa model Toyota lain seperti Rush, Town Ace, serta Lite Ace.

Sedangkan bagi Mitsubishi, dalam data ekspor Gaikindo hanya mengekspor Xpander saja. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed