Senin, 20 Agu 2018 19:15 WIB

Saudara Dekat Toyota Innova Ini Disuntik Mati

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Verso Foto: Toyota Toyota Verso Foto: Toyota
Jakarta - Beberapa tahun lalu tepatnya pada pameran Frankrut motor show 2009 Toyota memperkenalkan mobil keluarga unik di pasar Eropa, Toyota Verso. Saudara dekat Toyota Innova tersebut awalnya mendapat sambutan hangat dari para keluarga muda yang memang menjadi sasaran utamanya.

Namun seiring perkembangan, popularitasnya makin menurun dan membuat Toyota lebih tergoda terhadap Toyota Prius.



Selama sembilan tahun terakhir, Verso telah ditawarkan dengan berbagai mesin diesel dan bensin serta fitur terkini. Tapi mobil masih gagal mendapatkan powertrain hybrid dari Toyota sebab produsen asal Jepang tersebut lebih memprioritaskan model Prius+ yang telah menjadi favorit di antara pengemudi minicab.

Minim pembaharuan, Toyota Verso tak mampu menorehkan hasil gemilang dalam hal penjualan. Sepanjang tahun 2018, mobil keluarga itu hanya mampu terjual sebanyak 821 unit. Sehingga Toyota memutuskan untuk menyuntik mati Verso.


Padahal, tanpa ubahan macam-macam Toyota Verso sebelumnya mampu bersaing dengan kompetitor di kelasnya, seperti Opel dengan Zafira Tourer-nya. Namun karena pertumbuhan mobil berjenis SUV lebih inovatif, Opel terlebih dahulu menghentikan penjualan pesaing saudara Innova tersebut.

Tak ada kabar apakah Toyota akan memperkenalkan mobil keluarga (MPV) lain untuk menggantikan Verso. Yang jelas di pasar Eropa mobil bertipe SUV dengan segala kegagahannya lebih diminati dibanding MPV. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed