Rabu, 15 Agu 2018 16:37 WIB

Mahathir Mohamad Ingin seperti Indonesia Punya Roadmap Mobil Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi mobil nasional Malaysia Proton Foto: Dina Rayanti Ilustrasi mobil nasional Malaysia Proton Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Secara mengejutkan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyatakan keseriusan dirinya, untuk kembali memiliki mobil nasional. Berbeda dengan Proton, Mahatir Mohamad ingin Malaysia seperti Indonesia yang sudah memiliki roadmap mobil listrik.



Seperti yang dikutip Malaysia Nst, Rabu (15/8/2018), Dr Rezal Khairil Ahmad selaku Chief Eksekutif NanoMalaysia mengatakan bahwa Malaysia ingin seperti Indonesia yang sudah memiliki roadmap mobil listrik.

Karena Rezal ingin mobnas ketiga Malaysia kali ini tidak ketinggalan oleh negara lain, seperti Indonesia yang sudah memiliki Roadmapnya untuk mobil listrik tahun ini.



"Vietnam memiliki industri EV yang berkembang dengan VinFast, perusahaan lokal yang memproduksi EVs dengan harga 13.000 USD per unit. Thailand bekerja sama dengan Toyota pada EVS hibrida. Bahkan Indonesia telah memulai roadmap untuk EVs tahun ini," ungkap Rezal.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya jika Pemerintah Malaysia akan menggandeng dua produsen Jepang, Nissan dan Toyota untuk membantu proyek mobnas ketiganya ini. Namun Rezal juga sudah mengamati "petunjuk" dari interaksi terakhir dengan Toyota dan Nissan bahwa proyek akan merujuk pada pembuatan mobil listrik.



Soal penggunaan anggaran, Menteri Keuangan Malaysia, Liam Guan Eng mengatakan untuk proyek Mobnas ketiga ini nantinya akan didanai investasi swasta.

"Jika berasal dari swasta (investasi), maka tidak akan ada masalah," katanya saat menutup Debat di Dewan Rakyat. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed