Selasa, 14 Agu 2018 16:36 WIB

Honda: Milenial Sudah Tidak Tertarik dengan Mobil Low MPV

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil keluarga 7-penumpang (Low Multiple Purpose Vehicle atau LMPV) sekelas Avanza dan Mobilio Cs masih menjadi segmen mobil terbesar di Indonesia. Apalagi setelah kedatangan dua produk baru yakni Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Tetapi nampaknya popularitas Avanza Cs akan segera melempem. Sebab, kaum milenial dinyatakan tidak tertarik dengan mobil seperti itu lagi.

"Low MPV itu memang ada historinya dan sulit untuk diubah. Tapi kita lihat milenial sekarang, tidak selalu mau mereka membeli mobil bertipe itu dan 7-seater. Makanya segmen HR-V atau LCGC 5 penumpang tiba-tiba booming," papar Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Honda Brio Terbaru

"Ya, meskipun masih ada generasi tua yang ingin mobil 7-penumpang walau tidak digunakan secara utuh," tambahnya.

Ia memaparkan sebenarnya pasar Low MPV sudah sempat turun sebelum kedatangan 'tamu' baru. "Sebelum datang Xpander dan Confero itu sebenarnya pasar LMPV sudah turun, orang sudah mulai berpikir dua kali untuk membeli mobil ini," kata Jonfis.

Apalagi, ucapnya lagi, generasi Y dan Z atau kaum milenial sudah makin pintar untuk memilih mobil. Walaupun itu adalah mobil pertamanya.

"Kita juga harus melihat bahwa generasi Y dan Z yang sekarang sudah lebih cerdas dalam membandingkan barang. Tinggal lihat internet, sudah ada langsung pembandingnya, tau jelas. Kalau generasi atas (yang sudah tua) mungkin membeli mobil karena atas kebiasaan dahulunya yang asalkan muat banyak (LMPV), generasi sekarang berbeda," ucap Jonfis.

Lihat Video: Uji Irit Mobil Low MPV

Sampai saat ini, Honda sendiri juga melihat bahwa pasar mobil sedan mengalami kenaikan meski tidak sebanyak LMPV. Tapi yang jelas sedikit orang mulai melakukan perpindahan.

Bahkan mobil andalan Honda yang dijual di Indonesia saat ini adalah city car. "Secara unit yang masih banyak (dibeli orang) adalah citycar, lalu Brio, HR-V, kemudian CR-V, Mobilio, lalu BR-V. Pasar sedan kita juga lihat bagus karena ada kenaikan, tapi memang tidak besar," tutup Jonfis. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed