Selasa, 14 Agu 2018 08:31 WIB

Ada Standar Euro4, Mobil Canggih Bisa Cepat Datang ke Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Standar Euro4 akan memudahkan mobil hijau masuk Indonesia. Foto: Rachman Haryanto Standar Euro4 akan memudahkan mobil 'hijau' masuk Indonesia. Foto: Rachman Haryanto
Tangerang - Pemerintah Indonesia saat ini sudah mulai menggalakkan standar bahan bakar terbaru Euro4. Wacana ini pun disambut baik oleh berbagai pabrikan otomotif Indonesia, termasuk BMW.



"Pertama pihak BMW percaya kalau dilakukan oleh pemerintah sudah ada risetnya pasti, bahan bakarnya pasti sudah tersedia. Karena sebelum regulasi itu dikeluarkan, harusnya sudah ada koordinasi sebelumnya. Jadi dengan pemahaman seperti itu BMW mendukung dengan penggantian ke arah Euro4," kata Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania, beberapa waktu lalu.

Karena menurut BMW, datangnya standar bahan bakar Euro4 di Indonesia, semakin mempercepat datangnya kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.



"Karena memang pada saat bicara mengenai Euro4, itu sangat erat kaitannya dengan kendaraan listrik atau dengan kendaraan yang rendah emisi. Kendaraan rendah emisi, hanya bisa diukur emisinya itu seberapa besar, apabila bensinnya itu sudah Euro4. Tidak bisa dilakukan pengetesan dengan Euro2," katanya.

"Jadi dengan adanya Euro4, ini akan mendorong regulasi seputar kendaraan rendah emisi, lebih cepat jadi sebenarnya lebih ke arah sana," tambah Jodie.

Infografis Standar Emisi Euro4Infografis Standar Emisi Euro4 Foto: Andhika Akbarayansyah
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed