Rabu, 25 Jul 2018 16:00 WIB

Harga 2 Mobil Mewah Koruptor Terlalu Kemahalan?

Ruly Kurniawan - detikOto
Suasana lelang KPK (Foto: Ari Saputra) Suasana lelang KPK (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Dua mobil mewah sitaan dari Akil Mochtar tidak laku dilelang. Banyak yang beranggapan harga bukaan lelang kemahalan. Mobil dilelang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan.

Meski seperti itu, KPKNL selaku penyelenggara lelang menyebut bahwa harga yang ditetapkan tidaklah terlalu mahal. Soalnya, hal tersebut sudah sesuai dengan berbagai analisis.




"Saya rasa tidak kemahalan, ya. Lagipula yang menetapkan harga semuanya itu dari KPK dan mereka tentu sudah melakukan berbagai pertimbangan," kata salah satu juru bicara lelang dari KPKNL di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Kepada detikOto dirinya menuturkan bahwa seluruh keputusan barang yang belum laku hari ini akan dikembalikan lagi pada KPK.

"Semua akan kembali ke KPK apakah akan dilelang kembali, ada penurunan harga, dan lain sebagainya. Mereka yang memutuskan. Saya tidak bisa tuturkan hal ini," ungkapnya.

"Lagipula semua transaksi hasil lelang akan masuk kas negara," lanjutnya.

Diketahui, dari tiga mobil mewah yang dilelang hanya satu unit yang laku yakni Mercedes-Benz GL 400 AT (X166) CKD tahun 2014. Seorang pria asal Bogor memenangi lelang dengan harga akhir Rp 1.010.000.000.

Toyota Crown AthleteToyota Crown Athlete Foto: Ruly Kurniawan


Sedangkan untuk Mercedes-Benz S S 350 CGI AT (CKD) tahun 2013 dan Toyota Crown 2.5 Athlete G A/T tahun 2013 atas nama perkara Akil Mochtar tidak ada yang menawar atau berminat membawa pulang. Mobil masing-masing ditawar mulai dari Rp 601 juta dan Rp 941 juta. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed