Sabtu, 21 Jul 2018 16:21 WIB

Polisi: Aki Korslet Sebabkan Mobil Neno Warisman Terbakar

Sahaya Anisa - detikOto
Foto: Mobil Neno yang terbakar (ist) Foto: Mobil Neno yang terbakar (ist)
Jakarta - Mobil Neno Warisman terbakar di depan rumahnya di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Polisi menyatakan mobil Daihatsu Xenia itu terbakar akibat korsleting.

"Hasil identifikasi dari bengkel, kebakaran dipicu oleh aki yang korslet. (Kabel aki) Yang positif nempel di bodi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di kantornya, Sabtu (21/7/2018).

Dia mengatakan penyidik telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) bersama Laboratorium Forensik. Mobil tersebut sudah berada di bengkel langganan Neno di Depok.



Sebelum terbakar, bau hangus sudah muncul dari mobil Neno. Kemudian pembantu Neno yang ada di lantai 2 mencium bau hangus dan berusaha memadamkan api.

"Jadi sopir itu setelah parkir sudah membau (mencium bau). Setelah diparkir sopir istirahat dia membau ada hangus," ujar Argo.

Suara ledakan sempat terjadi saat mobil Neno terbakar. Argo mengatakan ledakan berasal dari ban mobil yang terbakar.

"Jadi bannya meledak karena terbakar," tutur dia.


Hingga kini Neno belum membuat laporan polisi terkait kejadian itu. "Saya tidak mau berasumsi ini terkait politik atau bukan. Bukan dibakar tapi terbakar di depan rumah, pukul 24.00 WIB, Kamis malam," imbuhnya.

detikOto sendiri pernah bereksperimen menempel kabel aki positif ke bodi kendaraan, hasilnya memang ada percikan api yang cukup besar. Jika ada bahan yang mudah terbakar bisa saja percikan api itu menyambar. Karena itu saat pemasangan aki jangan sampai terbalik memasang kabel positif dan negatifnya.


Polisi: Aki Korslet Sebabkan Mobil Neno Warisman TerbakarFoto: Dadan Kuswaraharja



Polisi: Aki Korslet Sebabkan Mobil Neno Warisman TerbakarFoto: Mindra Purnomo
(jbr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed