Jumat, 20 Jul 2018 07:42 WIB

Dibanding-bandingkan dengan Wuling, Apa Kata Kia?

Dina Rayanti - detikOto
Kia Grand Sedona Diesel Foto: Dina Rayanti Kia Grand Sedona Diesel Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Masuk ke pasar otomotif Indonesia, Wuling tidak hanya berjualan. Produsen mobil berlogo lima berlian itu sekaligus juga membangun pabriknya di Tanah Air. Wuling bisa dibilang cukup niat untuk membesarkan bisnisnya di Indonesia.

Hal itu membuat Wuling sering dibandingkan dengan merek-merek lain yang hanya berjualan di Indonesia dan tidak membangun pabriknya di sini. Seperti produsen mobil asal Korea Selatan yang sejak pertama kemunculannya di Indonesia tahun 1999 masih terus berjualan saja.


"Ya itu faktornya banyak lah ya kalau bicara investasi nggak ngomongin 1-2 tahun kita bicara beberapa puluh tahun ke depan. Memang dengan kapasitas produksi sekarang KMC (Kia Motors Company) belum memutuskan untuk investasi bikin pabrik di sini," jelas General Manager Marketing PT Kia Mobil Indonesia, Ridjal Mulyadi.

"Mereka lebih concern di pasar yang udah settled (Kia-nya) kan sama-sama kita tahu, Kia kuat di beberapa negara seperti Amerika, Eropa, Australia, China," sambung Ridjal.


Wuling membangun pabriknya di kawasan Greenland International Industrial Center Desa Sukamahi, Bekasi. Dengan luas lahan 600.000 meter persegi, diperuntukkan bagi produksi dan pembuatan kendaraan di Indonesia dan sebagai basis ekspor untuk wilayah Asia Tenggara.

Investasi dari proyek ini adalah sekitar US$ 700 juta dan diprediksikan dapat memproduksi hingga 150.000 kendaraan dalam setahun. Pembangunan pabrik ini diperkirakan dapat menciptakan 10.000 lapangan pekerjaan untuk Indonesia. Pabrik yang akan didirikan Wuling tersebut akan mencakup beberapa perusahaan dan pabrikan di dalamnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed