Mobil Korea Lebih baik dari Mobil Jepang?

ADVERTISEMENT

Mobil Korea Lebih baik dari Mobil Jepang?

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 19 Jul 2018 19:25 WIB
Genesis. Foto: Reuters/Kim Hong-Ji/File Photo
Jakarta - Mobil-mobil Jepang sudah cukup lama mendominasi di Indonesia. Bahkan kalau kita lihat mobil yang berlalu lalang di jalanan Tanah Air kebanyakan adalah mobil bermerek Jepang.

Sementara merek-merek yang berasal dari negara di luar Jepang tampak kurang diminati. Bisa dilihat dari data penjualan milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mobil Jepang orang Indonesia lebih banyak membeli mobil Jepang.


Mobil Jepang juga sering disebut-sebut lebih kuat, tahan lama, serta hemat BBM. Faktor-faktor tersebut yang menjadi pertimbangan orang Indonesia sebelum membeli mobil.

"Di Indonesia ada China, Amerika, Jepang, India. Dulu Jepang dianggap sebelah mata. Mobil Amerika, Eropa top, sementara Jepang mobil kaleng, seiring perkembangan jaman dia improve jadi bagus," kata GM Business Development PT Kia Mobil Indonesia Harry Yanto di Jakarta.

Hal serupa pun sempat dialami Kia. Kia sendiri masuk ke Indonesia dari tahun 1995. Hanya saja waktu itu nama Kia diganti dengan Timor. Kualitas mobil Kia saat itu pun sempat diragukan. Seiring berjalannya waktu, Harry mengatakan Kia terus memperbaiki kualitasnya. Bahkan bisa melebihi mobil-mobil merek Jepang.

"Kia dulu mungkin tahun 1995 lah masih pakai nama Timor, Bimantara kualiti oke bisa diterima tapi masih di bawah Jepang. Tapi sekarang kualitinya Korea lebih tinggi dari Jepang buktinya IQS JD power, cek di Google nomor 1,2,3 Genesis, Kia , Hyundai, merek Jepang ada di posisi 10 ke bawah silahkan di cek," lanjut Harry.


Genesis merupakan merek mobil mewah buatan Hyundai berhasil mengalahkan merek-merek mobil papan atas seperti Porsche dan Lexus. Genesis sendiri baru diluncurkan Hyundai pada tahun 2016 setelah sebelumnya sedan-sedan Genesis dijual bersama di showroom Hyundai.

Dalam kurun waktu dua tahun saja Genesis berhasil merangsek ke posisi puncak dengan catatan paling sedikit soal kerusakan mobil. Melansir Forbes, dari data milik J.D Power 2018, kerusakan mobil Genesis tercatat hanya 68 masalah dalam 100 mobil. Angka itu merupakan yang paling sedikit dibandingkan para kompetitor. (dry/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT